Masih Banyak Perangkat Desa Belum Paham Siskeudes

Masih Banyak Perangkat Desa Belum Paham Siskeudes

SISKEUDES : Masih banyak perangkat desa di Bengkulu Selatan belum memahami Sistem Keuangan Desa (Siskeudes)-DOK-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Sejak diluncurkanya aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) tahun 2016 lalu, sangat membantu sekali dalam pengelolaan keuangan desa.

Namun, sayangnya ternyata masih banyak perangkat desa yang belum memahami sepenuhnya penerapan aplikasi tersebut.

Kedepan diharapkan terus dilakukan pembinaan dan pelatihan terhadap para perangkat desa dalam pengelolaan aplikasi Siskeudes.

BACA JUGA:Tunjukkan Keunggulan Desa Lewat Peran Media

“Ternyata masih ada perangkat desa yang belum sepenuhnya memahami penerapan aplikasi Siskeudes dalam pengelolaan anggaran desa, untuk itu pelatihan pelatihan pengelolaan keuangan desa ini sangat dibutuhkan,” kata Ketua APDESI Bengkulu Selatan, Ibi Sudaryo.

Disampaikan Ibi, selama ini ketidak mengertian perangkat desa lantaran masih banyak yang gagap teknologi (gaptek) dan takut dalam melakukan pengelolaan keuangan desa.

BACA JUGA:Empat Desa di Bengkulu Selatan Segera Terbebas Dari Blank Spot

“Kami berharap dan mohon pendampingan karena sampai saat ini masih banyak desa yang belum memahami aplikasi Siskeudes,” jelas Ibi.

Terpisah, Kepala DPMD BS, Herman Sunarya mengatakan pihaknya selama ini selalu melakukan pembinaan dengan Pemerintah Desa (Pemdes) dalam aplikasi Siskeudes.

Kedepan memang akan terus dilakukan, karena aplikasi ini sangat penting bagi pengelolaan keuangan desa dan penyampaian pelaporan.

“Selama ini kami sudah melakukan bimbingan teknis terkait penerapan Siskeudes, kedepan akan terus kami giatkan lagi bimbingan maupun pelatihan Seskeudes,” pungkas Herman.

Sumber: ketua apdesi bengkulu selatan