Kunjungi Peternak, Polisi Imbau Jaga Kebersihan Kandang

Kunjungi Peternak, Polisi Imbau Jaga Kebersihan Kandang

KUNJUNGAN : Babinkamtibmas saat mengunjungi peternak belum lama ini -Julianto-raselnews.com

KAUR, RASELNEWS.COM - Dalam rangka melakukan pencegahan dan penanggulangan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Polres Kaur Polda Bengkulu semakin mengintensifkan kegiatan Sambang Bhabinkamtibmas yang disertai penyampaian bimbingan dan penyuluhan (binluh).

Polisi turun langsung kelapangan bertemu dengan warga yang memiliki hewan ternak. "Bhabinkamtibmas cecara berkala melakukan pemeriksaan disertai himbauan agar peternak tetap memperhatikan kebersihan kandang dan kesehatan hewan ternaknya," ujar Kapolres Kaur Polda Bengkulu AKBP Dwi Agung Setyono, S.IK. MH,melalui Kasat Binmas IPTU I Nengah S, dalam keterangan tertulisnya kepada Raselnews.com.

BACA JUGA:Vaksinasi PMK Fokus di Bengkulu Selatan dan Rejang Lebong

Dikatakannya, warga yang memiliki hewan ternak juga diimbau agar segera mendaftarkan diri sebagai peserta vaksinasi PMK yang secara berkesinambungan. Selain itu juga diminta terus dilakukan Jajaran Pemerintahan desa kecamatan hingga Kabupaten. Hal ini juga disampaikan Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Kaur Selatan Briptu Mitri Agus di Desa Jembatan Dua Kecamatan Kaur Selatan Sabtu (03/09).

"Jadi sesuai intruksi pemerintah, seluruh warga dihimbau segera melapor apabila menemukan gejala PMK pada hewan ternak agar dapat dilakukan tindakan yang diperlukan," tutupnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kaur Lianto, SP disampaikan Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan drh. Rakhmad Fajar, mengungkapkan berbagai langkah juga telah dilakukan Pemkab Kaur untuk memberantas PMK. Salah satunya yakni dengan pembentukan satgas PMK sosialisasi hingga melakukan vaksin dengan sejumlah ternak warga di Kabupaten Kaur.

"Vaksin terus kita lakukan sementara tentang kesehatan ternak terus kita sampaikan himbauan, saat ini serangan PMK terus berkurang semoga kedepannya penyakit ternak ini cepat berlalu," tutupnya.

Sumber: polres kaur