Sekretaris DPD Partai Nasdem Bengkulu Selatan Dicatut Partai Ummat

Sekretaris DPD Partai Nasdem Bengkulu Selatan Dicatut Partai Ummat

KLARIFIKASI : Ketua KPU BS, Alpin Samsen saat meminta klarifikasi Sekretaris Partai Nasdem BS, Juli Hartono, Minggu (4/9) malam-Andri Irawan-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Pencatutan nama pengurus tidak hanya dialami pengurus DPD dan DPC Partai Amanat Nasional (PAN) Bengkulu Selatan (BS), hal serupa juga dialami pengurus partai lain.

Salah satunya Sekretaris DPD Partai Nasdem BS, Juli Hartono, SE yang dicatut sebagai pengurus Partai Ummat. Padahal Juli tidak pernah mendaftar sebagai pengurus partai besutan Amien Rais tersebut.

Namun tiba-tiba namanya muncul sebagai pengurus Partai Ummat. Hal itu diketahui saat proses verifikasi kepengurusaan anggota parpol yang dilakukan KPU BS pada sistem informasi parpol atau sipol.

“Nama saya dicatut pengurus Partai Ummat. Saya tidak pernah mendaftar dan tidak tahu pengurus partai tersebut,” kata Juli.

BACA JUGA:Janji Politik Rohidin Bakal Terealisasi, Tapi…

Dikatakan Juli, pengurus DPD Nasdem BS yang dicatut partai lain bukan hanya dirinya. Ada 10 pengurus lain yang ikut dicatut.

Yang aneh lagi, partai lain yang mencatut pengurus DPD Nasdem turut melampirkan surat pernyataan yang menyatakan bahwa yang bersangkutan benar-benar anggota parpol tersebut. Surat tersebut bertandatangan diatas materai 10 ribu.

Padahal pengurus Nasdem tidak pernah membuat surat pernyataan tersebut. “Kami sudah berkoordinasi ke KPU terkait dengan hal ini. Pengurus DPD yang namanya dicatut dan ada surat pernyataan di partai lain sudah didatangkan ke KPU. Saya dan pengurus lain tidak pernah membuat surat pernyataan di partai lain,” ujar Juli.

Terkait ada pencatutan nama oleh pengurus partai lain dan dugaan pemalsuan tanda tangan, Juli mengaku pihaknya belum memutuskan langkah yang akan ditempuh. “Kami akan koordinasi dulu dengan pengurus wilayah (DPW Nasdem Bengkulu) terkait hal ini,” tukas Juli.

Berakhir
Terpisah Divisi Teknis KPU BS, Edvan Diansari SPd menyebut, ada 28 orang yang dimintai klarifikasi lantaran KTA, KTP dan surat pernyataan bermaterai ditemukan di dua partai berbeda.

Termasuk Sekretaris DPD Partai Nasdem BS, Juli Hartono. Klarifikasi terhadap Juli sudah dilakukan KPU BS pada Minggu (4/9) malam atau sekitar pukul 20.15 WIB.

BACA JUGA:KPU Bengkulu Selatan Temukan Ganda Eksternal 812 dan 13 Orang Diklarifikasi

“Total ada 28 orang. Dan sejak minggu (4/9) hingga hari ini (kemarin) adalah tahapan KPU untuk meminta klarifikasi kepada 28 orang tersebut. Klarifikasi ini untuk memastikan yang bersangkutan sebenarnya pengurus partai yang mana. Termasuk Juli Hartono. Dari klarifikasi, yang bersangkutan ini menyatakan beliau merupakan pengurus Partai Nasdem. Artinya, yang di Partai Ummat, kita TMS-kan (tidak memenuhi syarat),” jelas Edvan.

Hingga kemarin atau Senin (5/9) siang lanjut Edvan, sudah 6 dari 28 orang yang sudah memberikan klarifikasi. Sesuai jadwal, klarifikasi ditunggu hingga pukul 23.59 WIB. Jika tidak hadir, maka akan dinyatakan tidak memenuhi syarat atau TMS.

“Waktu klarifikasi dua hari. Kemarin (minggu) dan hari ini (kemarin) adalah hari. Kami tunggu sampai jam 23.59 (WIB). Hasil klarifikasi ini akan tuangkan di berita acara,” tegas Edvan. Disisi lain Edvan juga menambahkan, dari hasil verifikasi, KPU BS kembali menemukan ganda eksternal keanggota parpol di sipol.

Sumber: sekretaris dpd nasdem bengkulu selatan