Wabup Harapkan Data Keluarga Tahun 2022 Lebih Akurat

Wabup Harapkan Data Keluarga Tahun 2022 Lebih Akurat

ARAHAN : Wabup BS, H.Rifai Tajuddin memberi arahan dalam kegiatan workshop pemutakhiran Pendataan Keluarga (PK) 2022 tingkat kabupaten BS-wawan suryadi-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Dalam rangka meningkatkan kompetensi para kader pendata dalam pelaksanaan pemutakhiran Pendataan Keluarga (PK) tahun 2022, Dinas PPKBP3A Kabupaten Bengkulu Selatan melaksanakan workshop.

Kegiatan dibuka Wakil Bupati (Wabup) Bengkulu Selatan, H.Rifa’i Tajudin di gedung Pola Bappeda Litbang, 22 September 2022.

Dalam arahanya Wabup H.Rifai Tajuddin mengharapkan para kader pendata lebih teliti agar menghasilkan data keluarga yang akurat. Karena, pendataan keluarga merupakan kegiatan lima tahunan BKKBN untuk mendapatkan data keluarga Indonesia secara lengkap.

BACA JUGA:Wabup Minta OPD Awasi Program Kegiatan

Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga, yang diperkuat dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 87 Tahun 2014 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, Keluarga Berencana, dan Sistem Informasi Keluarga. Peraturan tersebut mengamanatkan bahwa dalam rangka mendukung penyelenggaraan perkembangan Program Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (KKBPK) diperlukan Data dan Informasi Keluarga yang dikelola dengan baik dan akurat.

“Workshop pemutakhiran PK-22 serta pengelola data dan informasi ini sangat penting dan strategis untuk memantapkan komitmen, menyamakan persepsi, dan meningkatkan kompetisi dalam upaya pencapaian kualitas data dan informasi Bangga Kencana melalui sistem informasi keluarga (SIGA) dan pemutakhiran PK-22,” terang Wabup.

Data Keluarga Tahun 2022 (PK-22) ini nantinya akan digunakan sebagai acuan dan pertimbangan dalam rangka mendukung percepatan penurunan stunting dan penghapusan kemiskinan ekstrim. “Data PK ini diharapkan menjadi rujukan untuk mendukung percepatan penanganan stunting, karena itu pendataan dilapangan diharapkan lebih akurat,” imbau Wabup. (one)

Sumber: wakil bupati bengkulu selatan