Pemda Bengkulu Selatan Rencanakan Bangun RSKJ

Pemda Bengkulu Selatan Rencanakan Bangun RSKJ

Kepala Dinas Kesehatan Bengkulu Selatan, Didi Ruslan -Wawan Suryadi-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM – Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Selatan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) rencananya akan membangun Rumah Sakit Khusus Jiwa (RSKJ). Bahkan, rencana tersebut sudah diusulkan ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Kabupaten Bengkulu Selatan diras penting memiliki RSKJ karena berdasarkan data di Kabupaten Bengkulu Selatan ada 481 orang berstatus orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bengkulu Selatan, Didi Ruslan M.Si menyebutkan, satu-satunya RSKJ di Provinsi Bengkulu cuma ada di Kota Bengkulu. Padahal, seperti yang diketahui saat ini provinsi lain sudah memiliki lebih dari satu RSKJ.

Bukan hanya itu, pembangunan RSKJ sangat penting. Mengingat, warga mengalami gangguan kejiwaan di BS cukup banyak, ditambah dari kabupaten tetangga yang selalu rujukan ke RSUD HD Manna yang berasal dari Kabupaten Seluma dan Kabupaten Kaur.

BACA JUGA:Sembuh, 2 ODGJ Diberi Kambing dan Itik

"Bahkan ada juga ada pasien di Provinsi Sumatera Selatan tepatnya dari Kabupaten Lahat dan Kota Pagar Alam. Bila ditotalkan mencapai 1.000 pasien lebih. Jadi tidak cukup hanya satu di Provinsi Bengkulu. Harus ditambah, dan kita telah koordinasikan ke pemerintah pusat untuk bangun RSKJ di Kabupaten BS," terang Didi.

Lebih lanjut Didi mengatakan, terkait lokasi dan persiapan pendukung lainnya, pembangunan RSKJ rencananya akan dibangun di eks Panti Jumpo milik Dinas Sosial (Dinsos) BS. Bahkan, menurut Didi, dokter spesialis jiwa juga sudah ada dua orang di BS. Sedangkan, untuk tenaga perawat lainnya, pihak RSJKO Soeprapto Bengkulu siap memberikan pembimbing.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pak Gubernur. Nanti kalau disetujui RSKJ BS akan dibangun di eks Panti Jumpo Dinsos di jalan Gerak Alam Kota Manna," pungkasnya. (one)

Sumber: dinas kesehatan bs