Belum Menyerah, Kembali Upayakan Budidaya Patin

Belum Menyerah, Kembali Upayakan Budidaya Patin

KUNJUNGI : Bupati BS Gusnan Mulyadi didampingi Kadis Perikanan BS Santono, M.Pd saat mengunjungi Dirjen Perikanan Budidaya KKP RI-Wawan Suryadi-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) terus berupaya memajukan sektor pembangunan daerah, dibidang pengembangan usaha ikan patin.

Untuk mewujudkan ini, Bupati BS, Gusnan Mulyadi bersama Kadis Perikanan (Diskan) BS, Santono, M.Pd melakukan kunjungan kerja ke Direktorat Jenderal (Dirjen) Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Kamis 29 September 2022.

Dalam kunjungan ini, salah satu misi yang dibawa Pemkab BS yakni melobi pusat untuk kembali mendukung Diskan  BS dalam pengelolaan budidaya ikan patin. Sebab, budidaya ikan patin dinilai menjanjikan dan bisa mendongkrak perekonomian masyarakat.

Apalagi, Diskan BS telah membuktikannya dalam program serupa pada tahun 2020 silam. “Rencananya budidaya patin akan dikembangkan lagi di Bengkulu Selatan.  Untuk itu, kehadiran kami ke KKP untuk mendapatkan dukungan plus masukan dalam pelaksanaan program,” ujar  Gusnan.

BACA JUGA:DKP Bengkulu Selatan Bina KWT Budidaya Lele

Dirinya mengaku, sebelumnya budidaya ikan patin tidak berkembang lantaran terhalang proses pemasaran kepada konsomen. Maka itu, ke depan dirinya optimis budidaya ikan tersebut akan maju di BS. Sebab dirinya sudah bertemu langsung dengan pihak Dirjen Perikanan Budidaya KKP RI.

“Alhamdulillah KKP RI siap membantu untuk pemasaran hingga industri hilirnya. Sehingga program ini sudah pasti lancar tanpa hambatan,” jelas Gusnan. Masih kata Gusnan, nantinya kementerian siap membantu alat pressesing atau pengepakan, juga siap menampung hasil panen seminggu sekali bahkan seminggu empat kali.

Selain itu, pihak kementerian dan pihak swasta juga siap menampung produksi ikan patin BS sebanyak 6-8 ton per minggu. “Saya yakin dengan adanya dukungan langsung dari pihak kementerian, pengembangan budidaya ikan patin di Kabupaten BS akan semakin maju ke depannya,” tukasnya.

Sementara itu, Kadiskan BS, Santono mengaku siap menyambut dukungan dan program pengembangan patin yang disalurkan oleh KKP RI. Sebagai leading sektor perikanan, ia mengaku akan menjaga secara baik program yang dititipkan pusat tersebut.

“Terutama dalam hal pengelolaan, kami akan mengawasi betul pengembangan bibit ikan hingga menanggulangi keluhan para petani. Sehingga, produksi ikan sesuai dengan harapan,” bebernya.

Tak hanya itu, Diskan BS juga siap melakukan peningkatan mutu sumberdaya petani dengan cara membentuk tim pembina harian. Tim ini berasal dari penyuluh perikanan Diskan BS.

“Kalau alat sudah lengkap, bahan sudah ada dan SDMnya bagus. Kami yakin ini berhasil,” pungkas Santono. (rzn)

Sumber: bupati bengkulu selatan