5 Desa Terancam Tak Bisa Gelar Kegiatan

5 Desa Terancam Tak Bisa Gelar Kegiatan

SALURKAN : Pemerintah Desa menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD)-Wawan Suryadi-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Sebanyak 5 desa di Kabupaten Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu terancam tak bisa melaksanakan kegiatan akhir tahun. Terutama kegiatan yang dibiayahi Dana Desa (DD).

Alasannya 5 desa tersebut belum juga mengajukan pencairan Dana Desa triwulan IV ke Badan Pengelola Keuangan (BPKAD) Kabupaten Bengkulu Selatan. Padahal salah satu kegiatan yang wajib dilaksanakan adalah penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD).

Lima desa yang belum mengajukan pencairan yakni Desa Durian Seginim, Desa Jeranglah Tinggi, Desa Kota Bumi, Desa Padang Siring, dan Desa Padang Tambak.

“Tinggal lima desa lagi yang sampai kini belum mengajukan berkas untuk pencairan DD tahap III maupun BLT DD triwulan IV atau bulan Oktober, November dan Desember. Kami sudah sampaikan pemberitahuan tetapi sampai saat ini belum juga diajukan, kami tidak tahu apa kendalanya,” kata Kepala BPKAD BS, Nuzmanto M Adil ST.

BACA JUGA:Setahun, BLT DD Dikucurkan Rp 40,8 M

Dikatakan Nuzmanto, pihaknya mengharapkan camat proaktif melakukan pengawasan dan pendampingan terhadap Pemerintah Desa (Pemdes) yang belum menyalurkan BLT DD, karena bantuan ini sudah ditunggu-tunggu masyarakat. Mengingat, besaran bantuan langsung tunai tersebut yang diterima Rp 300 ribu perbulan, saat ini masih tersisa untuk jatah tiga bulan yakni Oktober, November dan Desember yang belum disalurkan lima desa tersebut.

“Ya, tinggal lima desa lagi, untuk kelima desa tersebut agar segera melaporkan realisasi dana desa dan BLT yang sudah tersalur supaya bisa kami proses, karena kini sudah memasuki pertengahan Oktober,” pungkasnnya. (one)

Sumber: bpkad bs