DLHK Monitoring Kebun Bibit Desa

DLHK Monitoring Kebun Bibit Desa

ARAHAN : Petugas dari DLHK memberi arahan kepada masyarakat terkait Kebun Bibit Desa di Manna-Wawan Suryadi-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Bengkulu Selatan melakukan bimbingan teknis (bimtek) dan monitoring kebun bibit desa (KBD) di Desa Terulung, Kecamatan Manna.

KBD merupakan unit persemaian sederhana yang dibangun di desa secara swakelola difasilitasi oleh Kementerian LHK melalui UPT Ditjen PDASRH.

Bibit-bibit hasil produksi KBD ini nanti dipersiapkan untuk ditanam di lahan-lahan milik fasilitas umum, tanah desa, sempadan sungai, sempadan pantai, dan lahan-lahan lainnya yang memungkinkan untuk ditanami untuk program penghijauan.

Pembangunan KBD di Desa Terulung dilaksanakan secara swakelola oleh Kelompok Maju Bersama dengan target  produksi bibit minimal 37.000 batang yang terdiri dari jenis bibit Jengkol, Nangka, Alpukat, Durian, Pinang, Bintaro, dan Cemara Laut.

BACA JUGA:DLHK Bengkulu Selatan Kembali Tata Median Jalan

“Saat ini sebagian bibit sudah mulai berkecambah dan tumbuh dengan baik, fasilitas persemaian pun sebagian besar sudah terbangun. Kami dari DLHK melakukan bimbingan dan monitoring langsung kelapangan guna memastikan program KBD tersebut,” ujar Kepala DLHK BS, Haroni, SP.

Dikatakan Haroni, pihaknya berpesan agar pengelola KBD dapat melaksanakan kegiatan dengan baik dan penuh tanggung jawab, volume dan spesifikasi pekerjaan agar dipenuhi sesuai target.

“Tentu dengan kekompakan dan pemahaman yang baik di dalam kelompok demi suksesnya program ini. Apabila ada kendala dan permasalahan agar segera dimusyawarahkan untuk dicari solusi penyelesaiannya,” pesan Haroni. (one)

Sumber: dlhk bs