Penerimaan DAK Pendidikan Bengkulu Selatan Terjun Bebas

Penerimaan DAK Pendidikan Bengkulu Selatan Terjun Bebas

Dana Alokasi Khusus-disway.id-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Penerimaan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik pendidikan yang dikucurkan Kemendikbudristek RI ke Dinas Dikbud Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) tahun depan terjun bebas.

Dari informasi yang didapat dari Subbag Perencanaan, Pelapporan dan Evaluasi (PPE) Disdikbud BS, DAK pendidikan tahun depan hanya Rp 5 miliar. Dana ini turun drastis dari kucuran tahun ini Rp 16,5 miliar dan tahun 2021 senilai Rp 43 miliar.

“Anggarannya sudah ditetapkan, Bengkulu Selatan hanya kebagian Rp 5 miliar saja khusus DAK pendidikan. Kalau untuk paketnya, akan diperuntukkan merehab dua TK dan tiga SMP,” ujar Kasubbag PPE Disdikbud BS, Yen September, S.Pd.I.

Menurut Yen, minimnya kucuran anggaran DAK tahun depan lantaran banyaknya draft usulan rehab gedung sekolah yang tidak sinkron dengan data pokok pendidikan (dapodik) pusat. Sehingga, pusat tidak dapat memverifikasi usulan sesuai dengan kehendak sekolah.

BACA JUGA:Belum Masuk Dapodik, GTT dan PTT Diminta Melapor Ke Dikbud

“Karena kunci usulan itu di dapodik, mereka (pusat) tidak menilai besar kerusakan dari hitung langsung di lapangan. Hanya lihat dapodiknya, sinkron apa tidak,” beber Yen.

Meski demikian, dirinya mengakui kucuran tersebut masih cukup optimal untuk membangun beberapa bagian bangunan sekolah yang rusak berat. Terutama untuk bangunan SMP dan TK.

“Kalau untuk SD memang tidak ada satupun yang dapat bantuan rehab. Ini semua lantaran bangunan SD masih cukup baik, apalagi baru-baru ini bangunan SD sudah direhab semua,” jelas Yen.

Sementara untuk metode pengerjaan proyek, Yen mengaku DAK tahun depan akan dikerjakan pihak ketiga. Sekolah tidak akan lagi dilibatkan dalam proyek agar tidak menggangu fokus guru dalam melaksanakan tugasnya.

“Sudah pasti pihak ketiga, karena pusat telah menginstruksikan demikian. Kalau jelasnya dan rinci pelaksanaan proyek nanti ditetapkan tanggal 17 November melalui zoom meeting bersama Kemendikbudristek RI,” pungkas Yen. (rzn)

Sumber: kasubbag ppe disdikbud bs