Kaur Mulai Kembangkan Kedelai Anjasmoro, 600 Hektar Lahan Siap Ditanami

Kaur Mulai Kembangkan Kedelai Anjasmoro, 600 Hektar Lahan Siap Ditanami

RAPAT: Asisten II memimpin rapat persiapan penanaman kedelai Anjasmoro di Dispertan Kaur, kemarin-julianto-raselnews.com

KAUR, RASELNEWS.COM - Kedelai biji besar varietas Anjasmoro dikembangkan di Kabupaten kaur. Tidak tanggung tanggung, untuk tahap awal ini ada 600 hektar lahan yang siap ditanami kedelai Anjasmoro.

Penanaman perdana kedelai Anjasmoro ini akan dilakukan Pemerintah Daerah Kaur di Desa Sumber Harapan Kecamatan Nasal, Kamis, 17 November, besok.

Rencananya Bupati Kaur H. Lismidianto bersama tim dari Kementerian Pertanian (Kementan) RI akan ikut menanam kedelai Anjasmoro ini.

Asisten II Pemkab Kaur Arsal Adlin M.Pd mengatakan giat tanam perdana kedelai Anjasmoro ini sebagai tindak lanjut bantuan yang diterima Pemda Kaur dari kementerian Pertanian RI. “Kamis lusa (besok) kita lakukan tanam Perdana di Desa Sumber Harapan," ujarnya.

BACA JUGA:Harga Jagung Pipil Kering di Kaur Anjlok

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kaur Lianto SP menyebut bantuan itu sesuai kebutuhan 600 hektar Calon Penerima Calon Lokasi (CPCL) yang sudah dilakukan pendataan sebelumnya. Totalnya sekitar 600 hektar lahan yang disiapkan.

"Awalnya bantuan diberikan Kementerian Pertanian untuk 500 hektar. Namun kementerian memberikan tambahan bibit kedelai menjadi seluruhnya untuk 600 hektar lahan," ujar Lianto.

Dia menyebut satu hektar lahan mendapat 50 Kg bibit kedelai. Artinya total ada 3 ton bibit kedelai yang disalurkan ke Kaur.

Bukan hanya bibit, petani juga dibantu sarana produksi (Saprodi). Seperti pupuk, insektisida untuk membasmi hama, serta kebutuhan lainnya untuk menunjang produksi.

"Kami minta masyarakat nanti benar-benar menanam kedelai ini. Soal penampung tentunya tidak perlu khawatir, kedelai ini tanaman eksport yang harga jualnya tinggi," tutup Lianto. (jul)

Sumber: kepala dinas pertanian kaur