Camat Pino Raya Intruksikan Seluruh Pemdes Serius Menerapkan Perdes Ternak

Camat Pino Raya Intruksikan Seluruh Pemdes Serius Menerapkan Perdes Ternak

Camat Pino Raya, Sulaiman Effendi-dok-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Camat Pino Raya, Sulaiman Efendi meminta seluruh desa di bawah binaannya lebih serius menerapkan Peraturan Desa (Perdes) tentang penertiban hewan ternak.

Hal ini agar tercipta ketertiban ternak dan berkurangnya konflik masyarakat akibat ternak liar yang kerap merusak tanaman pertanian warga.

Pemdes juga diharapkan untuk tidak pandang bulu menerapkan sanksi bagi pemilik ternak. Jika perbuatan mereka melanggar Perdes, harus ditindak.

BACA JUGA:Camat Pino Raya Minta Pemdes Gesit Perbarui Data Warga

“Selama ini Perdes ternak ini belum terlalu maksimal penerapannya. Banyak sekali keluhan warga akibat gangguan ternak liar. Mulai dari kecelakaan lalu lintas, kerusakan tanaman pertanian hingga tingkat kebersihan lingkungan yang kurang baik lantaran kotoran ternak berhamburan di mana-mana,” ujarnya.

Dijelaskan Sulaiman, jika Perdes ternak sudah efektif maka banyak sekali manfaat yang didapatkan masyarakat.

Mulai dari penguatan ketahanan pangan, karena warga bebas menanam sayuran di pekarangan rumah. 

BACA JUGA:Pino Raya Terpilih Pilot Project Tertib Adminduk

Setelah itu aksi pencurian ternak juga dapat diredam karena ternak masyarakat aman di dalam kandang.

“Jadi kades jangan lesu menerapkan peraturan ini, silahkan panggil pemilik ternak liar dan beri sanksi tegas. Kapan perlu berikan efek jera agar tidak mengulangi perbuatan dikemudian hari,” beber Sulaiman.

Kalaupun Pemdes masih ragu, maka juga bisa meminta bantuan petugas Satpol PP untuk melakukan penangkapan sampai ke proses penerapan sanksi. Sehingga warga betul-betul tahu maksud dan manfaat sebenarnya.

BACA JUGA:HUT ke 77 TNI, Polsek Pino Raya dan Pino Beri Tumpeng ke Koramil Pino

“Maka itu, kami akan memonitor terus penerapan Perdes ternak ini. Bagi desa yang kurang maksimal atau tidak peka dengan imbauan ini, akan kami berikan teguran,” tuntas Sulaiman. (rzn)

Sumber: