KPU Sosialisasi, Polisi Sebut ini Kerawanan Pemilu 2024

KPU Sosialisasi, Polisi Sebut ini Kerawanan Pemilu 2024

SAMPAIKAN : Kasat Intelkam Polres BS menjadi narasumber kegiatan sosialisasi tahapan pemilu. Dalam kesempatan itu, Kasat Intelkam menyampaikan potensi kerawanan pemilu-Sugio Aza Putra-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Kasat Intelkam Polres Bengkulu Selatan, AKP Ahmad Khairuman, SE, M.Si menyampaikan beberapa kerawanan pemilu serentak tahun 2024.

Pernyataan ini disampaikan saat menjadi narasumber kegiatan sosialisasi tahapan pemilu dan rancangan daerah pemilihan pemilu kepada kades se-Bengkulu Selatan di aula Hotel Marina II, Rabu (30/11).

Ada beberapa potensi kerawanan pemilu di Bumi Sekundang Setungguan ini, diantaranya panjangnya waktu tahapan pemilu dan pilkada serentak.

BACA JUGA:KPU Bengkulu Selatan Butuh 6.093 Personel Badan Ad Hoc di Pemilu 2024, Berikut Rinciannya

Kemudian kekecewaan partai politik (parpol) pendukung terhadap keputusan KPU yang parpolnya tidak memenuhi syarat untuk menjadi peserta pemilu.

Kekecewaan parpol dan pendukung terhadap penunjukan pejabat yang habis masa jabatannya tahun 2022 dan 2023. Dan yang terakhir, adanya proses hukum apabila terjadi sengketa atau gugatan terhadap putusan penetapan tahapan pemilu dan pilkada.

“Kerawanan pemilu dan pilkada, segala hal yang dapat menganggu tahapan pelaksanaan pemilu dan berpotensi menimbulkan gangguan keamanan, ketertiban, penegakan hukum, dan ketentraman masyarakat,” kata Kasat Intelkam.

BACA JUGA:8 Parpol Ini Disurati KPU Bengkulu Selatan, Satu Partai Tak Difaktualkan

Kegiatan sosialisasi tersebut bertujuan untuk memberi bekal kepada kades agar siap menghadapi pemilu yang tahapannya sudah berjalan. Peran serta kades sangat diperlukan untuk menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan ini.

Kades diharapkan dapat membantu menjaga situasi tetap kondusif di wilayah desa masing-masing, dan dapat memberi wawasan kepada masyarakat agar bijak dalam menghadapi pemilu. (yoh)

Sumber: kasat intelkam polres bengkulu selatan