Bengkulu Kebagian 23 Ribu Percil Sertifikat Lahan

Bengkulu Kebagian 23 Ribu Percil Sertifikat Lahan

SERTIFIKAT: Masyarakat penerima program sertifikat tanah menunjukkan sertifikat yang diterima-Lisa Rosari-raselnews.com

BENGKULU, RASELNEWS.COM - Presiden Joko Widodo menyerahkan 1,552 juta percil sertifikat tanah kepada masyarakat di 34 provinsi.

Penyerahan dilakukan secara simbolis dan disaksikan secara virtual oleh Gubernur Bengkulu, BPN serta masyarakat penerima.

Dari total jumlah sertifikat tanah yang diberikan, untuk Bengkulu yakni Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sebanyak 22,886 sertifikat dan Sertifikat Redistribusi Tanah (Redis) sebanyak 1.442 sertifikat.

BACA JUGA:BPN Segera Bagikan 8400 Percil Sertifikat Prona

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengaku untuk memudahkan program sertifikat, Ia menyurati Bupati dan Walikota agar menggratiskan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

“Kalau ini dilakukan, dampak ekonominya sangat besar sekali," kata Gubernur usai penyerahan sertifikat secara simbolis kepada masyarakat, kemarin (1/12).

BACA JUGA:Mau Dihibahkan Sertifikat Lahan Hilang

Terpisah, Kepala BPN Provinsi Bengkulu Sukiptyah mengatakan penyerahan sertifikat secara simbolis diberikan kepada 300 orang. Bengkulu ditargetkan menyerahkan 22,886 sertifikat untuk PTSL dan 1.442 sertifikat Redis.

"Untuk PTSL sudah tercapai 96 persen. Sisanya masih dalam proses," ungkap Sukiptyah.

Penyerahan sertifikat yang belum dibagikan akan dilakukan di kantor pertanahan masing-maising daerah. "Yang bisa dibagi hari ini ada 8.000 sertifikat, sisanya masih dalam proses," demikian Sukiptyah. (cia)

Sumber: gubernur bengkulu