Warga Bengkulu Budidaya Bunga Rafflesia Arnoldii

Warga Bengkulu Budidaya Bunga Rafflesia Arnoldii

Warga Kabupaten Seluma sukses budidaya Rafflesia Arnolddi-istimewa/rezan okto wesa-raselnews.com

SELUMA, RASELNEWS.COM - Warga Desa Lubuk Resam Kecamatan Seluma Utara Kabupaten Seluma, Bengkulu Gupardi (55), sekaligus Ketua Asosiasi Pengolah Perhutanan Sosial (Gapoktanhut) Provinsi Bengkulu berhasil membudidayakan Bunga Rafflesia Arnoldii di areal lahan perkebunan kopi miliknya.

Di tangan dinginnya, Gupardi yang merupakan seorang tamatan SMP ini sukses mendalami secara otodidak tentang Bunga Rafflesia.

BACA JUGA:2 Bunga Rafflesia Mekar Sempurna di Bengkulu Selatan

Dia bahkan berhasil membuktikan kalau bunga langka yang menjadi ikon Provinsi Bengkulu ini dapat dibudidayakan.

Bunga Rafflesia hasil budidaya Gupardi yang sudah mekar sempurna sejak 7 November 2022 lalu di areal lahan perkebunan kopi miliknya.

Kemudian beberapa bonggol bunga raksasa ini kembali mekar sempurna pada 14 Desember 2022. Dengan diameter kurang lebih 1 meter, bunga tersebut terlihat mekar sempurna.

BACA JUGA:Perusak Habitat Bunga Rafflesia Minta Maaf

“Bunga Rafflesia Arnoldi ini merupakan hasil eksperimen saya beberapa tahun lalu. Karena saya ingin membuktikan bahwa Bunga Rafflesia dapat kami budidayakan melalui inangnya,” tutur Gupardi.

Untuk membudidayakan Bunga Rafflesia Arnoldii ini Gupardi mengaku harus menyesuaikan kultur tanah, kelembaban dan suhu udara yang menjadi habitatnya.

Tak hanya itu, dirinya juga harus menyediakan inang tempat Bunga Rafflesia tumbuh.

“Iya inang yang kita tanam, harus tahu dulu kelembaban suhu udara dan kultur tanahnya. Tidak bisa kita kembangkan inangnya di daerah pesisir, karena bukan habitatnya,” ucap Gupardi.

BACA JUGA:Perambahan Hutan Ancam Taman Bunga Rafflesia di Bengkulu Selatan

Bagi Gupardi, budidaya Bunga Rafflesia Arnoldii ini berawal tekad yang ingin melestarikan bunga langka tersebut.

Bunga Rafflesia Arnoldii yang mekar di kebunnya, setelah layu diambil inangnya kemudian dipotong-potong menjadi beberapa bagian dan ditanam di sekitar areal perkebunan kopi miliknya.

Bahkan, berkat ketekunannya, Gupardi pun mendapat apresiasi dari BKSDA Seksi Konservasi Wilayah II Bengkulu dalam menjaga kelestarian alam saat ini.

BACA JUGA:Bunga Rafflesia Mekar Sempurna di Hutan Pino Raya

”Untuk menuju ke lokasi areal perkebunan kopi saya dan kini menjadi lokasi budidaya bunga Rafflesia ini, harus menempuh perjalanan dari Kota Tais sekitar 17 km ke arah Desa Lubuk Resam Kecamatan Seluma Utara, dan sekitar 3 kilometer dari perkampungan warga yang hanya ditempuh dengan sepeda motor atau berjalan kaki,” pungkasnya. (rzn)

Sumber: