Rehab TPI Pasar Bawah Dianggarkan Rp 720 Juta

Rehab TPI Pasar Bawah Dianggarkan Rp 720 Juta

Kadis Perikanan Bengkulu Selatan, Santono M.Pd mengecek aktivitas TPI Pasar Bawah Kecamatan Pasar Manna, Minggu (22/1/2023)-rezan oktowesa-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Pemkab Bengkulu Selatan (BS) akan melakukan rehab bangunan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pasar Bawah Kecamatan Pasar Manna.

Bahkan Pemkab BS telah menyiapkan anggaran Rp 720 juta. Dalam waktu dekat Dinas Perikanan BS akan segera memasukkan proses lelang proyek.

BACA JUGA:Pedagang Pasar Bawah Harus Ditata Ulang

Kadis Perikanan Bengkuu Selatan, Santono M.Pd mengatakan TPI Pasar Bawah dibangun pada 2004. Sejak dibangun19 tahun lalu, TPI belum pernah mendapat rehab secara total.

Hanya ada satu kali rehab ringan pada 2010. Itupun hanya untuk beberapa fasilitas saja.

BACA JUGA:Pemilik Karaoke Pasar Bawah Laporkan 4 Polisi Polres Bengkulu Selatan ke Polda Bengkulu

“Tahun ini ada program rehab TPI Pasar Bawah. Tapi tidak menyeluruh, karena yang diprogramkan pemerintah hanya bangunan utama TPI dan gudang ikan disebelahnya.

Mudah-mudahan beberapa bulan ke depan proses lelang sudah mulai berjalan,” ujar Santono.

BACA JUGA:Pasar Bawah Akan Dibangun Pemecah Ombak

Beberapa fasilitas yang belum direhab antaranya rumah jaga dan gudang pembuatan batu es.  Jika anggaran daerah memungkinkan, akan diusulkan untuk dapat diperbaiki.

Apalagi TPI Pasar Bawah merupakan pusat perdagangan ikan terbesar di BS. Tak jarang masyarakat dari berbagai daerah mengikuti lelang di TPI Pasar Bawah.

BACA JUGA:Usulkan Penghapusan Sejumlah Aset di Lokasi Wisata Pasar Bawah

“Sebagai pusat ekonomi nelayan, TPI Pasar Bawah akan ditata sebaik mungkin.

Komitmen pemerintah daerah menjadikan TPI Pasar Bawah dikenal masyarakat luar daerah dan menjadikan Bengkulu Selatan sebagai sumber penghasil laut terbesar,” ungkap Santono. (rzn)

Sumber: