Bupati Yakin Batik Sekundang Tembus Pasar Global, Ini Alasannya

Bupati Yakin Batik Sekundang Tembus Pasar Global, Ini Alasannya

Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi saat mengikuti parade batik sekundang Senin (6/3/2023)-rezan okto wesa-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi meyakini batik sekundang sekundang mampu menembus pasar nasional dan global. Motif batik sekundang tak kalah menarik dengan batik modern yang dihasilkan daerah lain.

Pasca dilaunching beberapa waktu lalu, batik Sekundang yang merupakan hasil karya pengerajin batik di Kabupaten Bengkulu Selatan terus dipromosikan kepada masyarakat. Khususnya kalangan ASN lingkungan Pemkab Bengkulu Selatan.

Batik Sekundang sudah dipatenkan atas nama Kabupaten Bengkulu Selatan dengan motif ciri khas daerah. Mulai dari daun keladi, yang melambangkan makanan khas pendap. Ada juga ciri khas Provinsi Bengkulu yakni bunga Raflesia kemudian akan diperkaya dengan motif daun pakis.

BACA JUGA:Warga Pino Raya Amankan 2 Pemuda, Ditanya Ngaku Mau BAB, Ketika Dibawa ke Polres Ternyata...

BACA JUGA:FAKTA! Pencairan BPNT 2023 di Bengkulu Selatan Dikenakan Biaya Hingga Rp10.000, Lumayan Rp69 Juta

Lalu, ada lambang Bengkulu Selatan, kelintang, ikan pelus dan ikan semah dan masih banyak lagi motif menarik.

“Jika ada pihak yang ingin mengembangkan batik Sekundang silakan tanpa terkecuali. Kita berharap nanti batik Sekundang bisa menyentuh pasar nasional hingga global. Karena secara mendasar kualitas dan motifnya tidak kalah dengan batik luar daerah,” terang Bupati.

Ditegaskan Bupati, Batik Sekundang bukan milik perorangan, artinya siapapun bisa berkreasi untuk membuat batik dengan ciri khas Bengkulu Selatan.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Merasa Ditipu, Puluhan Warga Kedurang Geruduk Kantor PT DSJ di Kaur, Ratusan Polisi Dikerahkan

BACA JUGA:Seleksi Tertulis Pilkades Sinar Pagi Kaur: Satu Gugur, 3 Cakades PAW Bersaing Sengit

Batik Sekundang mempunyai standar bahan serta motif yang cukup bagus dan mampu menandingi batik dari pulau Jawa dengan harga yang merakyat.

"Dengan hadirnya batik Sekundang, besar harapan kami ke depan akan mempunyai brand lokal yang dapat kita banggakan. Bahkan, untuk pakaian batik pada ASN ditetapkan  setiap hari Kamis," tuturnya.

BACA JUGA:'Disergap' Tetangga Saat Keluar Kamar Mandi, Mama Muda di Bengkulu Ini Melawan

BACA JUGA:Penyusunan Dokumen SAKIP Harus Diutamakan, Asisten III Setda Kaur: Harus Selesai Tepat Waktu

Sumber: bupati bengkulu selatan