Target IKD di Bengkulu Selatan Tahun Ini Sulit Tercapai

Target IKD di Bengkulu Selatan Tahun Ini Sulit Tercapai

AKTIVASI: Petugas Dukcpil membantu warga yang ingin melakukan aktivasi KTP digital-Lisa Rosari-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Tahun ini Pemda Bengkulu Selatan menargetkan 25 persen warganya menggunakan Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau elektronik Kartu Tanda Penduduk digital.

Sepertinya target 25 persen itu sulit tercapai. Karena minat masyarakat untuk mengurus KTP digital ini masih sangat minim.

Penghujung bulan Maret 2023 ini masyarakat yang mengurus KTP digital baru 0,03 persen atau ratusan orang saja dari jumlah wajib KTP di Bengkulu Selatan.

BACA JUGA:Puasa, Warem di Bengkulu Selatan Tetap Terima Tamu dan Sedia Miras

BACA JUGA:Kemendikbud Tegaskan 250.320 Guru Honorer Sudah Dapat Penempatan PPPK, Dirjen GTK: Jangan Syukuran Dulu

Padahal, aplikasi KTP digital tersebut saat ini sudah mulai diberlakukan di Kabupaten Bengkulu Selatan.

Kepala Disudkcapil BS, Lismanto Bayu SE mengatakan, pihaknya sudah maksimal melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat terkait KTP digital ini.

Tetapi kesadaran masyarakat tetap saja masih rendah. Kedepan Dinas Dukcapil Bengkulu Selatan akan lebih gencar lagi memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait keuntungan menggunakan KTP digital.

BACA JUGA:10 Penyebab Bantuan PKH dan BPNT 2023 Tidak Cair, Cek Sekarang dan Segera Perbaiki

BACA JUGA:Pencairan Bansos PKH Tahap I 2023 Sudah, Tahap 2 Kapan?

"Sebenarnya KTP digital ini sangat memudahkan masyarakat, salah satunya tidak perlu lagi membawa fisik KTP dan KK karena data sudah lengkap dalam aplikasi tersebut,” terang Bayu.

Diketahui pada tampilan awal digital ID atau KTP digital, di bagian atas terdapat foto, nama dan NIK pemilik akun. Apabila diklik akan muncul data pemilik akun, mulai dari tempat tanggal lahir, golongan darah, jenis kelamin, hingga alamat.

BACA JUGA:Kabar Gembira! Cuti Bersama ASN di Lebaran 2023 Lebih Panjang

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Kades Padang Beriang Temukan Jejak Kaki Harimau di Dekat Permukiman Warga

Bagian tengah terdapat 6 menu yaitu Data Keluarga, Dokumen, Tanda Tangan Elektronik, Pelayanan, Pemantauan Pelayanan, Histori Aktivitas, Ubah PIN/Kata Kunci, Lepas Perangkat, dan Keterangan.

Dalam menu Data Keluarga, akan muncul biodata anggota keluarga yang terdaftar pada Kartu Keluarga (KK).

Pada menu Dokumen dibagi menjadi dua menu, yaitu Kependudukan dan Lainnya, dalam menu Kependudukan terdapat file KTP-el dan Kartu Keluarga secara digital.

Sumber: kepala dinas dukcapil bengkulu selatan