Bersiap, Bulan Depan Formasi CPNS Diumumkan, Ini Kata MenPAN-RB

Bersiap, Bulan Depan Formasi CPNS Diumumkan, Ini Kata MenPAN-RB

Syarat CPNS dan PPPK 2023 berikut link pendaftaran dan dokumen-istimewa-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Informasi penting bagi para pencari kerja yang ingin mendaftar tes calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2023.

Jika tidak ada hambatan, jadwal pendaftaran dan formasi CPNS 2023 akan diumumkan bulan depan, Juni 2023 mendatang.

Bagi yang berminat diangkat CPNS jalur umum, sebaiknya mempersiapkan diri dari sekarang.

Jika jadwal pelaksanaan sesuai rencana, maka tenggat waktu sudah singkat.

Walaupun tanggal pendaftaran CPNS 2023 sampai saat ini masih belum diumumkan secara resmi oleh pemerintah.

Kabar terbaru dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi(MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas, saat ini tahapan pendaftaran CPNS 2023 sedang dalam tahap validasi usulan formasi.

Tahap validasi tersebut mencakup usulan formasi yang berasal dari Kementerian, lembaga, pemerintah pusat, hingga daerah di seluruh Indonesia.

Kabarnya, validasi formasi CPNS 2023 akan diselesaikan oleh pemerintah hingga akhir bulan Mei 2023.

Setelah proses validasi selesai, informasi terkait jumlah formasi dan jenis jabatan pada seleksi CPNS 2023 akan segera diumumkan.

Hal ini diungkapkan oleh Mohammad Averrouce selaku Kepala Biro Data, Komunikasi, dan Informasi Publik KemenPANRB

Usulan kebutuhan formasi mulai dari jumlah hingga jenis jabatan pada seleksi CPNS 2023 dapat diajukan oleh masing-masing instansi melalui aplikasi e-Formasi.

Namun, hingga saat ini masih terdapat beberapa instansi khususnya instansi daerah yang belum juga mengirimkan kebutuhan ASN di instansi mereka.

Hal tersebut disebabkan karena pemerintah banyak yang keberatan terkait soal dana yang nanti akan mereka keluarkan untuk pengadaan PNS baru.

Perlu diketahui bahwa pada CPNS 2023, pemerintah pusat hanya menanggung gaji pokok para ASN baru, sedangkan untuk tunjangan semua dibebankan pada anggaran daerah.

Banyak pemerintah daerah yang merasa keberatan dan berharap agar seluruh kebutuhan ASN baru, baik gaji pokok maupun segala tunjangan, dapat ditanggung langsung oleh pusat.

Oleh karena itu, Kemenpan RB menghimbau masyarakat agar terus memantau informasi terbaru terkait pembukaan pendaftaran CPNS 2023.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti seleksi CPNS 2023, dapat mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari agar hasil yang nanti dicapai dapat maksimal. (red)

Sumber: dikutip dari berbagai sumber terpercaya