Raup 52 Persen Suara, Erdogan Kembali Pimpin Turki Ketiga Kalinya

Raup 52 Persen Suara, Erdogan Kembali Pimpin Turki Ketiga Kalinya

Recep Tayyip Erdogan-istimewa-raselnews.com

RASELNEWS.COM - Recep Tayyip Erdogan berhasil memenangkan Pemilihan Presiden Turki 2023, mengalahkan pemimpin oposisi Kemal Kilicdaroglu dalam putaran kedua pemungutan suara pada hari Minggu, 28 Mei 2023.

Hasil resmi yang diumumkan oleh Dewan Pemilihan Tertinggi Turki (YSK) menunjukkan bahwa Erdogan memperoleh 52,14 persen suara, sedangkan Kilicdaroglu mendapatkan 47,86 persen.

Dengan hasil ini, Erdogan sudah ketigakalinya terpilih sebagai Presiden Turki sejak tahun 2014.

BACA JUGA:Viral, Detik-detik Putri Duyung Berhijab Menampak Diri

Dalam pidato kepada ribuan pendukungnya di luar kompleks kepresidenan di Ankara, Erdogan menyatakan bahwa saatnya untuk mengesampingkan semua perdebatan dan konflik terkait periode pemilihan serta bersatu dalam tujuan dan impian nasional.

"Erdogan mengatakan, "Kami bukanlah satu-satunya pemenang, pemenangnya adalah Turki. Pemenangnya adalah seluruh bagian dari masyarakat kita, dan demokrasi kita menjadi pemenangnya," seperti yang dilaporkan oleh CNN pada hari Senin, 29 Mei.

BACA JUGA:Benar Benar Sakti, Disumpah Si Pahit Lidah, Air Sungai Numan yang Manis Jadi Tawar

Erdogan menyebutkan bahwa di antara prioritas utama pemerintah adalah memerangi inflasi dan memulihkan dampak bencana gempa pada tanggal 6 Februari yang merenggut lebih dari 50.000 nyawa di Turki dan Suriah.

Sementara itu, Kilicdaroglu yang berbicara di markas partainya di ibu kota Ankara menyatakan bahwa dia akan terus berjuang sampai terwujudnya demokrasi sejati di Turki.

BACA JUGA:Gila, Di Jepang Ada Pulau Penuh Kucing, Jumlahnya Jauh Lebih Banyak Dari Jumlah Manusia

Kilicdaroglu menambahkan, "Apa yang membuat saya benar-benar sedih adalah hari-hari sulit yang akan dihadapi oleh negara kita."

Beberapa pemimpin asing, termasuk Rusia, Qatar, Libya, Aljazair, Hongaria, Iran, dan Otoritas Palestina, adalah yang pertama memberi selamat kepada Erdogan. (red)

Sumber: