Unik! Ada Kampung Jawa Ditengah Kota Bangkok Thailand, Seperti Ini Penampakannya

Unik! Ada Kampung Jawa Ditengah Kota Bangkok Thailand, Seperti Ini Penampakannya

Kampung jawa Di Tengah Kota BAngkok Tahiland -Tangkapan layar Youtube -raselnews.com

RASELNEWS.COM - Banyak yang belum mengetahui, ada sebuah kampung yang unik di tengah-tengah Kota Bangkok Thailand, yaitu Kampung Jawa.

Kampung Jawa ini terletak di Kampung Koh Panyee, di salah satu distrik di Bangkok. Kampung ini memiliki sebuah masjid dengan arsitektur khas Jawa yang dibangun oleh H. Muhammad Saleh sekitar 112 tahun yang lalu.

Pada abad ke-19, Raja Thailand membawa pekerja dari Jawa Tengah, terutama dari Kendal dan Demak, untuk tinggal di kampung ini.

BACA JUGA:TEGAS! BKN Batalkan Pengangkatan Dua PPPK Yang Sudah Lulus Seleksi, Begini Isi Pengumumannya

BACA JUGA:Sapi di Mukomuko dan Seluma Terserang LSD, Pemeriksaan Hewan Kurban Diperketat

Para pekerja ini diberikan tanah dan diizinkan membangun rumah di sana. Mereka juga diminta untuk membangun sebuah masjid yang mirip dengan masjid di Indonesia.

Setelah pembangunan masjid selesai, banyak pekerja ini memilih untuk tinggal dan membentuk keluarga di kawasan tersebut.

Walaupun saat ini tidak banyak lagi orang yang tingggal di Kampung Jawa yang masih menguasai bahasa Jawa tapi kalian tetap bisa menemukan jajanan atau makanan khas Indonesia, terutama makanan khas Jawa.

BACA JUGA:Tangkapan Nelayan Minim, Harga Ikan Laut di Bengkulu Selatan Melambung

BACA JUGA:Bengkulu Selatan Dinyatakan Bebas Malaria, Alhamdulillah! Bupati Terima Sartifikat Penghargaan

Makanan ini sering disajikan oleh masyarakat, terutama saat perayaan Islam. Beberapa istilah seperti "wong mantu," "wong mati," dan "kenduri" juga masih digunakan, mengingatkan pada kampung halaman di Pulau Jawa.

Di halaman masjid, terdapat sebuah rumah panggung yang berfungsi sebagai kantor pengurus masjid. Selain itu, juga terdapat madrasah yang digunakan untuk anak-anak jamaah masjid Jawa.

BACA JUGA:CACAM! Batas Waktu Tindaklanjut Berakhir, TGR di Sejumlah OPD Belum Diselesaikan, Inspektorat Akan Lapor BPK

BACA JUGA:INI DIA! Kunci Jawaban Tebak Kata Shopee Tantangan Harian Hari Jumat 16 Juni 2023

Sumber: berbagai sumber