Untuk Suami! Jangan Lakukan 3 Kesalahan Ini, Tidak Ada Kata Maaf Lagi, Tapi Nomor 3 Sering Terjadi

Untuk Suami! Jangan Lakukan 3 Kesalahan Ini, Tidak Ada Kata Maaf Lagi, Tapi Nomor 3 Sering Terjadi

3 kesalahan suami yang tidak bisa dimaafkan dalam Islam-istimewa-pexels.com

JAKARTA, RASELNEWS.COM - Suami pastinya menjadi pemimpin dalam rumah tangga. Meski menjadi orang nomor satu, namun Suami tetap harus menghormati menjaga hubungan yang baik kepada istri.

Selain itu juga bisa berkomunikasi terbuka, empati, dan mendukung serta memiliki rasa tanggung jawab, baik kepada istri dan anak.

BACA JUGA:Hutang Segunung Bisa Lunas, Amalkan 5 Doa Nabi Sulaiman Ini, Rezeki Melimpah dan Berkah

Bertanggung jawab ini salah satu misalnya dalam keuangan. Di mana, suami harus bertanggung jawab dalam menyediakan kebutuhan keluarga dan mengambil keputusan keuangan bersama-sama.

Selain itu, ada peran penting lain yang harus dilakukan para suami.

Di mana, dalam Islam, seorang suami memiliki tanggung jawab sebagai pemimpin keluarga yang membimbing mereka menuju surga.

BACA JUGA:Doa Tak Kunjung Dikabulkan? Simak 7 Penyebab Doa Anda Terhalang

Oleh karena itu, suami diharapkan menjadi panutan yang baik. Hanya saja, selaku sebagai manusia, tentu ada hal yang tidak dapat dihindari adanya kesalahan.

Namun yang patut diketahui, ada 3 kesalahan suami yang tidak bisa dimaafkan. Apa saja? Berikut pembahasannya.


1. Tidak Mengajarkan Agama

BACA JUGA:Catat! 3 Doa Jangan Ditinggalkan Saat Sujud Terakhir

Dalam Islam, suami memiliki kewajiban untuk membimbing keluarganya dan mendekatkan mereka pada agama Islam.

Oleh karena itu, suami akan melakukan kesalahan besar jika tidak pernah mengajarkan agama kepada keluarganya. Allah SWT berfirman yang artinya:

"Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan." (QS. At-Tahrim: 6)

BACA JUGA:Mata Anda Rabun? Amalkan Doa Ini, Kiai Muslih yang Buta 8 Tahun Akhirnya Bisa Melihat Lagi

2. Tidak Memberikan Nafkah

Suami memiliki kewajiban dalam Islam untuk memberikan nafkah kepada keluarganya. Oleh karena itu, suami akan berdosa besar jika tidak pernah memberikan nafkah kepada istri dan anak-anaknya. Rasulullah SAW bersabda yang artinya "Jika seorang muslim mengeluarkan nafkah untuk keluarganya sedangkan dia mengharapkan pahalanya, maka nafkah itu adalah sedekah baginya." (Muttafaq 'alaih)

Rasulullah SAW juga bersabda yang artinya: "Seseorang cukup dianggap berdosa jika dia menelantarkan belanja orang yang menjadi tanggung jawabnya." (HR. Abu Dawud, Muslim, Ahmad, dan Thabrani)

BACA JUGA:Masih Jomblo? Amalkan Doa Ini Agar Segera Dapat Jodoh

3. Bersikap Kasar Terhadap Istri

Kekerasan dalam rumah tangga sangat dilarang dalam Islam. Suami diharamkan untuk bersikap kasar terhadap istri.

Sumber: