Teknologi Kecerdasan Buatan Artificial Intelligence, Mulai Kuasai Dunia, Ternyata Ini Penemunya

Teknologi Kecerdasan Buatan Artificial Intelligence, Mulai Kuasai Dunia, Ternyata Ini Penemunya

John McCarthy penemu teknologi artificial intelligence-istimewa-raselnews.com

RASELNEWS.COM - Teknologi kecerdasan buatan yang diberi nama Artificial Intelligence (AI) sudah tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat.

Saat ini teknologi Artificial Intelligence sudah banyak dimanfaatkan oleh penduduk dunia untuk membantu memudahkan semua pekerjaan.

Saking banyaknya penggunaan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence disebut menguasai dunia.

Lantas siapa penemu atau pencipta teknologi kecerdasan Artificial Intelligence?

Penemu teknologi kecerdasan di era industri 4.0 ini adalah John McCarthy. Tujuan John McCarthy menciptakan teknologi ini adalah untuk memajukan dan mempermudah manusia dalam beraktivitas.

John McCarthy, ilmuwan komputer yang terkenal dan tokoh penting dalam Artificial Intelligence (AI) lahir di Boston pada tanggal 4 September 1927.

John McCarthy menerima gelar sarjana dalam bidang matematika (1948) dari California Institute of Technology dan gelar doktor dalam bidang matematika (1951) dari Universitas Princeton.

John McCarthy juga memegang jabatan profesor di Dartmouth College  Awal penemuan Artificial Intelligence pada tahun 1955.

John McCarthy menciptakan istilah Artificial Intelligence yang dia usulkan dalam konferensi Dartmouth yang terkenal pada tahun 1956.

Konferensi ini dihadiri oleh 10 ilmuwan komputer, John McCarthy menganalisa bagaimana cara kerja mesin agar dapar bernalar seperti layaknya manusia.

John McCarthy juga mengungkapkan “Jika diperlukan waktu 200 tahun untuk mencapai kecerdasan buatan, dan akhirnya ada buku teks yang menjelaskan cara melakukannya, bagian tersulit dari buku teks tersebut untuk ditulis adalah bagian yang menjelaskan mengapa orang tidak memikirkannya 200 tahun yang lalu” yang artinya ia yang akan membuka gerbang baru untuk menciptakan kecerdasan buatan  Artificial Intelligence.

Kegigihan John McCarthy dalam mengembangkan Artificial Intelligence ternyata membuahkan hasil, kini banyak berkembang Artificial Intelligence  yang sangat membantu pekerjaan manusia. Karena penemuan John McCarthy mengenai Artificial Intelligence dan kontribusinya di bidang kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) sangat sempurna.

Ia mendapatkan banyak penghargaan Internasional. Penghargaan itu diantaranya adalah :

1. Turing Award dari Association for Computing Machinery pada tahun 1971.

Sumber: dikutip dari berbagai sumber