Potensi Usaha Menjanjikan! Pertanian Terpadu, Kebun Kelapa Sawit Dan Peternakan Sapi

Potensi Usaha Menjanjikan! Pertanian Terpadu, Kebun Kelapa Sawit Dan Peternakan Sapi

Potensi usaha menjanjikan yaitu pertanian terpadu anata kebun sawit dan ternak sapi -Istimewa/ raselnews.com-raselnews.com

RASELNEWS.COM - Perkebunan kelapa disway.id/listtag/36894/sawit">sawit merupakan komuditas perkebuna yang sangat penting di Indonesia, bahkan menjadi lahan perkebunan yang paling luas di indonesia dibandingkan dengan komuditas perkebunan yang lainnya.

Secara keseluruhan pada tahun 2021 luas perkebunan disway.id/listtag/36894/sawit">sawit di Indonesia mencapai 14,66 juta hektar dan meningkat di  tahun 2022 menjadi 14,99 juta hektar dengan produksi total 45,58 juta ton atau rata-rata 3,04 ton per hektar.

BACA JUGA:Bisnis Jual Beli Mobil Bekas di Bengkulu, Dijamin Laku Keras, Ini Tips Biar Untung Banyak

BACA JUGA: Pengguna HP Oppo Keluhkan Notifikasi Iklan Judi! Begini Cara Mematikannya

Dengan luas lahan yang mencapai jutaan hekter tersebut, tentu sangat berpotensi menyediakan pakan ternak ruminansia, baik secara digembalakan karena ketersedian pakan seperti rumput, pakis dan legum, dan tanaman lainnya, belum lagi daun bekas panen sawit trsebut.

Peternakan sapi dalam perkebunan sawit merupakan bentuk dari perkebunan terpadu, yaitu sapi yang diternakan akan memanfaatkan hijauan bekas panen dan hasil industri perkebuanan kelapa sawit dan rerumuputan yang tumbuh liar di areal lahan kebun kelapa sawit.

BACA JUGA:OJK Temukan 243 Entitas dan 45 Konten Pinjol Ilegal, Berikut Ciri Ciri Pinjol Legal dan Ilegal Versi OJK

BACA JUGA:Ibu Ibu Wajib Tahu! 4 Penyebab Bayi Rewel Akibat Kembung, Berikut Cara Mengatasi Bayi Kembung atau Kholik

Hal ini tentu berpotensi dijadikan lahan perkebunan terpadu yang sangat ideal dan tentu akan menambah penghasilan bahkan penunjang ekonomi yang memadai, apabila perpaduan Kebun kelapa sawit dan peternakan sapi ini di kelola dengan sungguh-sungguh.

Apabila tanaman sawit sudah mencapai umur lima tahun keatas, maka sistem pertanian terpadu anatara kebun kelapa sawit dan peternakan sapi akan sangan ideal.

BACA JUGA:Banyak Yang Belum Tahu! Ini Cara Menghitung Pajak Kendaraan Terbaru, Tahunan dan Lima Tahunan

BACA JUGA:5 Tips Membeli Mobil Bekas, Pemula Wajib Tahu, Dijamin Tidak Akan Merugi

Selain sama-sama menguntungkan antara keduanya tentu juga akan menjadikan lahan uang yang potensial.

Dimana kebun tidak akan menjadi semak apabila peternakan sapi ada didalamnya serta sisa produksi seperti daun dan pelepah bisa dijadikan pakan ternak.

BACA JUGA: Honda Akan Hadirkan Beat 150 Cc, Desain Lebih Besar, Gagah dan Memiliki Fitur Modern, Sangat Cocok Buat Anak

Sumber: berbagai sumber