Fakta Unik Platuk Acorn, Burung Berwajah Badut, Suka Menabung dan Berjiwa Sosial

Fakta Unik Platuk Acorn, Burung Berwajah Badut, Suka Menabung dan Berjiwa Sosial

Fakta Unik Burung Platuk Acorn-istimewa-raselnews.com

RASELNEWS.COM - Sekian banyak jenis burung, Platuk Acorn menjadi salah satu unggas yang memiliki fakta unik. Selain wajahnya yang mirip badut, burung dengan nama latin Melanerpes formicivorus ini dikenal suka menabung dan berjiwa sosial.

Unik memang! Tapi begitu cara burung yang menghuni hutan ek dan hutan ek pinus di seluruh Amerika hidup dengan manusia. Habitat Platuk Acorn saat ini cenderung stabil dengan populasi mencapai 5 juta ekor.

BACA JUGA:Fakta Menarik Burung Kedasih: Hewan Cantik Tapi Licik dan Ditakuti Masyarakat

Burung dengan memiliki ciri khas warna merah di bagian atas kepala ini dengan mudah ditemukan di wilayah negara bagian Washington bagian selatan, selatan melalui California, dan timur hingga Colorado, New Mexico, dan Texas barat.

Populasi burung dengan paruh kuat dan tajam ini juga terdapat di hutan ek di pegunungan Meksiko, di selatan melalui dataran tinggi Amerika Tengah, hingga Andes utara di Kolombia.

BACA JUGA:14 Jenis Burung Kedasih: Hewan Licik dan Konon Pembawa Petaka

Sekilas, tidak ada perbedaan antara jantan dan betina. Secara fisik nyaris sama. Rata-rata, pelatuk Acorn memiliki panjang 9 inci, lebar sayap 17,5 inci, dan berat 2,8 ons. Kedua jenis kelamin spesies ini mengeluarkan suara sengau dan tawa yang sama kerasnya

Namun jika dilihat secara secara seksama, perbedaan ada pada warna merah di atas kepala.  Pelatuk Acorn jantan berukuran sedang dengan punggung berwarna hitam mengkilat, bercak merah di atas kepalanya.

BACA JUGA:6 Jenis Burung Pembawa Rezeki dan Petaka, Mitos atau Fakta?

Ia juga memiliki sedikit warna hitam di sekitar pangkal paruhnya yang panjang dan berwarna hitam, serta memiliki tenggorokan dan bagian depan berwarna gading atau pucat. Pada dada, Acorn jantan berwarna hitam dengan garis-garis hitam di panggul dan bagian bawah, perut putih, dan ekor hitam runcing.

Sementara Platuk Acorn betina memiliki bercak merah lebih kecil di kepalanya. Pada laki-laki, bercak ini meluas hingga tepat di atas mata, sedangkan pada perempuan hanya di bagian belakang kepala.

BACA JUGA:Jangankan Saat Dewasa, Prilaku Culas Burung Kedasih Sudah Tampak Saat Baru Menetas

Seperti halnya jantan, Pelatuk Acorn betina memiliki warna dan corak hitam mengilap yang sama, termasuk bercak pantat berwarna putih cerah, dan bercak putih besar di setiap sayap. Bercak putih di pantat dan sayap sangat menonjol saat terbang.

Pelatuk Acorn memakan serangga, biji ek, getah, nektar, buah, dan hewan kecil. Selain ini, burung berwajah badut ini juga memakan semut, kumbang, dan larva. Mereka juga akan memakan kadal kecil, dan berbagai makhluk lainnya, bahkan kelelawar, tikus, dan burung kecil.

BACA JUGA:Kicau Mania Harus Tahu! 10 Ciri Bahan Burung Kacer Yang Bakalan Jadi Juara Lomba

Burung Platuk Acorn memang bergantung pada hutan yang banyak ditumbuhi pohon ek dewasa. Sebab itulah, jika pohon ek di wilayah itu berkurang karena penebangan, maka burung suka menabung ini akan mencari habitat baru.

Sumber: berbagai sumber