Fakta Unik Burung Jacana Afrika: Penipu Ulung Namun Takut Istri

Fakta Unik Burung Jacana Afrika: Penipu Ulung Namun Takut Istri

Burung Jacana Afrika -istimewa-

RASELNEWS.COM - Jacana Afrika,menjadi salah satu burung yang unik di antara jenis burung lainnya, salahsatnya sebagai penipu yang ulung.

Unggas satu ini memiliki kebiasaan hidup berkoloni dihabitanya yakni danau dan kolam.

Selain dapat memudahkan dalam menemukan makanan, pola hidup semacam ini dapat membantu Jacana Afrika dalam meningkatkan peluang bertahan hidup.

BACA JUGA:Jangankan Saat Dewasa, Prilaku Culas Burung Kedasih Sudah Tampak Saat Baru Menetas

Makanan utama Jacana Afrika adalah serangga air tawar, larva, laba-laba, krustasea, dan moluska.

Jacana mencari makan dengan cara berjalan melintasi bunga bakung. Ketika salah satu dari mereka melihat adanya ancaman yang mengintai, mereka akan segera berteriak untuk memberikan peringatan.

Dengan begitu Jacana Afrika yang tergabung dalam koloni akan segera sadar untuk kemudian bisa bergegas melarikan diri dari ancaman predator, diantaranya buaya.

Di habitatnya, Jacana memang berbeda dengan burung jenis lainnya. Jacana jantan dikenal takut dengan istri.

Bagaimana tidak, jika umumnya telur dan anak diasuh oleh betina, namun dalam perkawinan Jacana, tugas tersebut diserahkan kepada sang jantan.

BACA JUGA:Fakta Unik Platuk Acorn, Burung Berwajah Badut, Suka Menabung dan Berjiwa Sosial

Sementara sang istri alias Jacana betina akan pergi mencari Jacana jantan lainnya untuk kembali melakukan perkawinan.

Untuk membesarkan anak-anaknya, jacana akan menyimpan anak-anaknya dengan cara digendong di balik sayapnya. Pola asuh ini kembali membuat keunik tersendiri.

Sebab induk burung jacana menjadi terlihat seperti punya delapan kaki. Burung jacana Afrika sendiri salah satu dari keluarga Jacanidae, yang tersebar di berbagai wilayah Bumi.

Burung ini dapat ditemukan di Afrika yang berada di bagian sub-sahara. Penampilan Burung jacana Afrika cukup mencolok dengan kakinya yang panjang, yaitu bisa mencapai sekitar tujuh sentimeter dengan jari kaki yang juga panjang.

BACA JUGA:Fakta Menarik Burung Kedasih: Hewan Cantik Tapi Licik dan Ditakuti Masyarakat

Kakinya yang panjang dan jari-jarinya yang terbuka lebar ini membuat burung jacana punya kemampuan untuk bisa berjalan di atas air.

Sumber: