Ada 4 Burung Disebutkan dalam Alquran, Satu Diantaranya Hidup di Indonesia

Ada 4 Burung Disebutkan dalam Alquran, Satu Diantaranya Hidup di Indonesia

4 Burung Disebutkan dalam Alquran-istimewa-freepik.com

Burung Salwa ini disebutkan dalam Surah Al-Baqarah ayat 57 yang artinya:

"Dan kami naungi kamu dengan awan, dan kami turunkan kepadamu "Manna" dan "Salwa". Makanlah dari makanan yang baik-baik yang telah kami berikan kepadamu. Dan tidaklah mereka menganiaya kami. Akan tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri"

4. Burung Ababil

Dalam Alquran, burung Ababil hanya sekali disebut yaitu pada Surat Al-Fiil. Kisah burung ini sangat terkenal karena berhasil membunuh Raja Abrahah, penguasa Yaman, serta pasukan gajahnya, yang ingin menghancurkan Ka'bah.

BACA JUGA:Cerita Unik Burung Kedasih, Pemalas dan Diyakini Memiliki Ajian Pemikat, Hasilkan Minyak Sekuntit

Saat menuju Ka'bah, Allah SWT menurunkan burung-burung Ababil yang membawa batu-batu panas dari tanah yang terbakar untuk dilemparkan kepada Raja Abrahah dan pasukannya.

"Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak melawan tentara bergajah? Apakah dia telah membuat tipu daya mereka (untuk menghancurkan Kakbah) itu sia-sia? dan Dia mengirimkan kepada mereka burung yang berbondong-bondong, yang dilempar mereka dengan batu (dikirim) dari tanah yang dibakar, lalu Dia membuat mereka seperti daun-daun yang dimakan ulat (QS. Al-Fiil : 1-5).

BACA JUGA:Fakta Menarik Burung Kedasih: Hewan Cantik Tapi Licik dan Ditakuti Masyarakat

Demikian 4 burung yang ada dalam Alquran dengan peran yang berbeda-beda. Wallahu A'lam Bishawab. (red)

Sumber: