Bupati Kaur Ajak Masyarakat Budidaya Lele di Kolam Terpal, Yuk...Manfaatkan Perkarangan Rumah

Bupati Kaur Ajak Masyarakat Budidaya Lele di Kolam Terpal, Yuk...Manfaatkan Perkarangan Rumah

Bupati Kaur saat menghadiri panen ikan lele-julianto-raselnews.com

KAUR, RASELNEWS.COM - Bupati KAUR H Lismidianto, SH, MH mengajak masyarakat KAUR untuk melakukan budidaya ikan lele dengan memanfaatkan perkarangan rumah.

Bupati menilai pasar ikan lele begitu besar di Indonesia. Kandungan protein ikan lele juga sangat bermanfaat dalam upaya mencegah stunting pada anak.

“Saya mengajak masyarakat untuk membudidayakan ikan lele terpal dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah.

BACA JUGA:11 Kades Terpilih di Kaur Segera Dilantik, Ini Jadwal Pelantikannya

Selain bisa untuk konsumsi pribadi, hasil panen ikan lele ini juga bisa dijual dan menambah penghasilan,” imbau Bupati, saat melakukan panen perdana ikan lele di kolam terpal milik Kelompok Pembudidaya Ikan UPR Kaur Fish Farm di Desa Sinar Pagi Kecamatan Kaur Selatan.

Orang nomor satu di Kabupaten Kaur ini menyebut, panen perdana ikan lele hasil budidaya kelompok UPR Kaur Fish Farm merupakan program peningkatan produksi pangan di bidang perikanan.

Pemkab Kaur sendiri di tahun 2023 telah memberikan stimulan kepada kelompok pembudidaya ikan (pokdakan) di Kaur sebanyak 6 pokdakan lele dan 10 pokdakan nila yang bersumber dari DAK 2023.

BACA JUGA:KPU Kaur Tetapkan DCT Anggota DPRD di Pemilu 2024, Berikut Nama-namanya

Melalui program ini Bupati Kaur berharap mampu meminimalisir dampak inflasi sekaligus diharapkan kebutuhan protein masyarakat di kabupaten terpenuhi sehingga dapat mencegah kerawanan pangan berupa stunting.

“Setiap pokdakan diberi benih, pakan dan peralatan produksi, harapan kita dengan adanya program ini produksi perikanan tawar di kabupaten kaur terpenuhi tidak tergantung lagi dengan kabupaten lain,” ujar Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kaur Misalman, SP menyebut, kelompok pembudidaya Ikan UPR Kaur Fish Farm adalah kelompok yang mendapatkan bantuan dari Dinas Perikanan melalui DAK 2023.

BACA JUGA:Kabar Baik, KemenPAN-RB Siapkan 1,3 Juta Formasi CPNS dan PPPK di Tahun 2024

Di Kabupaten Kaur  ada 6 kelompok Pokdakan lele dan 10 Pokdakan nila yang sudah dibantu melalui program budidaya ikan air tawar.

“Hasil panen yang kita lakukan di Pokdakan UPR Kaur Fish Farm sangat memuaskan, harapan kita masyarakat yang mempunyai lahan juga dapat mencontoh,” terangnya. (jul)

Sumber: