Ternyata, Warna Gigi yang Sehat Tidak Selalu Berwarna Putih

Ternyata, Warna Gigi yang Sehat Tidak Selalu Berwarna Putih

Ternyata, Warna Gigi yang Sehat Tidak Selalu Berwarna Putih-istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Warna gigi yang sehat tidak selalu memiliki nuansa putih yang bersih. Secara normal, gigi cenderung memiliki Warna yang lebih gelap beberapa tingkat di bawah Warna putih, hal ini disebabkan oleh transparansi lapisan enamel yang melapisi gigi, memperlihatkan lapisan dentin di bawahnya.

BACA JUGA:Tips Diet Sehat Ala dr. Zaidul Akbar, Hindari 3 Makanan Ini Dalam Seminggu

Genetika memainkan peran besar dalam menentukan warna dasar gigi, tetapi gaya hidup juga turut berpengaruh. Misalnya, konsumsi kopi secara rutin dapat membuat gigi sedikit kuning. Oleh karena itu, warna gigi yang sehat biasanya memiliki nuansa sedikit kekuningan atau keabu-abuan.

Struktur gigi terdiri dari dua lapisan utama, yaitu enamel dan dentin. Enamel, yang merupakan lapisan terluar, memiliki warna transparan atau sedikit kebiruan.

BACA JUGA:Mayoritas Keliru! Begini Cara Minum Kopi yang Sehat Ala dr. Zaidul Akbar

Di bawahnya, dentin memberikan warna sedikit kekuningan. Warna gigi yang sehat adalah hasil perpaduan antara warna enamel dan dentin, menciptakan nuansa yang sedikit kekuningan atau keabu-abuan.

Gigi yang tampak putih bersih biasanya disebabkan oleh lapisan enamel yang tebal, menutupi lapisan dentin sehingga gigi terlihat lebih putih.

Pembersihan gigi secara rutin juga dapat membantu menghilangkan noda dan plak yang menempel pada gigi, memberikan kesan putih yang bersih.

BACA JUGA:Bukan Hanya Buah, Air Rendaman Kurma Saja Baik Bagi Kesehatan, Berikut Manfaatnya

Meskipun demikian, beberapa faktor dapat membuat gigi berubah warna, seperti konsumsi makanan atau minuman yang mengandung pewarna, merokok, atau adanya kelainan pada gigi.

Untuk menjaga kesehatan gigi, disarankan untuk menjalani kebiasaan seperti menyikat gigi dua kali sehari selama dua menit, menggunakan benang gigi setiap hari, dan menjalani pembersihan gigi profesional secara rutin.

Semua ini bertujuan untuk memastikan bahwa warna gigi tetap sehat dan bersih. (red)

Sumber: