Duh! Kabupaten Kaur dan Mukomuko Tak Diusulkan Bantuan Rice Cooker Gratis dari Pemerintah, Ini Penyebabnya

Duh! Kabupaten Kaur dan Mukomuko Tak Diusulkan Bantuan Rice Cooker Gratis dari Pemerintah, Ini Penyebabnya

Duh! Kabupaten Kaur dan Mukomuko Tak Diusulkan Bantuan Rice Cooker Gratis dari Pemerintah, Ini Penyebabnya-istimewa-raselnews.com

BENGKULU, RASELNEWS.COM -  Dua kabupaten di Provinsi BENGKULU yakni Kaur dan Mukomuko tidak diusulkan untuk mendapatkan bantuan alat masak listrik (AML) dalam bentuk rice cooker dari pemerintah.

Menurut Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Bengkulu, Donni Swabuana ST MSi, kedua kabupaten tersebut tidak diusulkan lantaran Kabupaten Kaur dan Mukomuko tidak mengajukan data nama calon penerima rice cooker.

BACA JUGA:Stok Beras Bengkulu Bertambah, Ratusan Hektar Sawah Mulai Penan, Harga Beras Mulai Melandai

"Dari 10 kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu, ada kabupaten yang diusulkan untuk mendapat rice cooker karena tidak memberikan konfirmasi. Sejak Oktober, tidak mengusulkan data nama calon penerimnya," ujar Donni dilansir bengkuluekspress.disway.id.

Dinas ESDM Provinsi Bengkulu sendiri telah memverifikasi usulan kabupaten/kota untuk mendapatkan rice cooker.

Menurut Donni, dalam program ini, Provinsi Bengkulu mendapat alokasi AML sebagai 3.845 rice cooker. Di mana, per kabupaten/kota rencananya mendapatkan 384 unit.

BACA JUGA:Wahai Para Guru di Bengkulu, Segera Cek Rekening, Tunjangan Sertifikasi Segera Dibayarkan

"Kuota 2 kabupaten yang tidak mendapatkan bantuan, rencananya diberikan kepada kabupaten/kota lainnya yang usulannya lebih banyak," sebut Donni.

Bantuan ini merupakan bantuan dari Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM. Hingga saat ini, Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu Utara, Seluma, Rejang Lebong, Lebong, Kepahiang, dan Bengkulu Tengah yang mengajukan data penerima bantuan.

"Rencanaya November ini disalurkan melalui kantor pos. Jadi, penerima yang akan mendatangi kantor pos," pungkas Donni.

BACA JUGA:Motor Dilarang Tarik Gerobak, Rawan Sebabkan Lakalantas, Masih Membandel Tilang!

Diketahui, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan pendistribusian 500 ribu unit alat memasak berbasis listrik (AML) atau rice cooker secara gratis ke masyarakat.

Bantuan ini diharapkan rampung tahun 2023. Sekjen Kementerian ESDM) Dadan Kusdiana membeberkan, penerima akan melalui verifikasi dan validasi data.

Pemberian rice cooker gratis ini diharpakan dapat menekan konsumsi LPG subsidi yang setiap tahunnya terus membebani keuangan negara. (red)

Artikel ini sudah tayang di bengkuluekspress.disway.id dengan judul "2 Kabupaten di Bengkulu Tidak Usulkan Bantuan Rice Cooker Gratis"

Sumber: