Misteri Barhut, Sumur Neraka yang Disebut Nabi Muhammad SAW, Ini Penjelasan Buya Yahya

Misteri Barhut, Sumur Neraka yang Disebut Nabi Muhammad SAW, Ini Penjelasan Buya Yahya

Misteri Barhut, Sumur Neraka yang Disebut Nabi Muhammad SAW, Ini Penjelasan Buya Yahya-istimewa-

RASELNEWS.COM - Sumur barhut sampai saat ini masih misteri. Keberadaan Sumur ini sebagaimana riwayat hadis At-Thabrani di mana Nabi Muhammad SAW menyebut bahwa air terbaik di muka bumi adalah dari Sumur Zamzam, sementara air paling buruk adalah dari Sumur barhut di Hadramaut.

Sumur Barhut terletak di tengah padang pasir di ujung timur Yaman, berdekatan dengan perbatasan Oman.

Lokasinya terpencil dari perkotaan dan jalan-jalan utama selama berabad-abad, menjadikannya sebagai misteri yang menggelayuti wilayah itu.

BACA JUGA:Fakta Unik Pala: Buah Pencipta Rasa Masakan yang Juga Berguna Bagi Kesehatan

Penduduk setempat menyebutnya sebagai "sumur neraka" dengan keyakinan bahwa sumur ini merupakan tempat orang yang menghilang tanpa jejak.

Ada banyak cerita aneh dari penduduk setempat, seperti melihat makhluk bersayap yang menakutkan dan mencium aroma busuk yang tak tertahankan.

Sebuah kisah menceritakan ketika penduduk menghadapi kekeringan yang parah, mereka pernah mengikat seorang pria untuk diturunkan ke dalam sumur agar mendapatkan air.

Kejadian mengerikan terjadi saat pria itu berteriak dan tubuhnya terputus setelah tali ditarik kembali. Cerita ini tersebar luas, tetapi para peneliti dan ekspedisi merujuk pada hadis Nabi tentang sumur ini.

BACA JUGA:Fakta Unik Jalak Eropa: Burung Menarik Bersuara Berisik dan Mampu Mengubah Penampilan

Misteri Sumur Barhut semakin rumit setelah penemuan terbaru mengungkap fakta-fakta mengejutkan.

Seorang anggota militer di dekat sumur Barhut melaporkan bahwa sumur kecil di kamp mereka tiba-tiba mengeluarkan cairan hitam yang berbau menyengat.

Kejadian ini mengingatkan pada hadis Nabi yang menyebut bahwa sumur Barhut memiliki air yang paling buruk.

Sejarawan Muslim, Ibu Al-Mujawwir, menghubungkan pembangunan sumur ini dengan Raja Sadat bin, yang memerintah Semenanjung Arab setelah peristiwa banjir Nabi Nuh.

Raja Sadat membangun sistem sumur besar dengan bantuan kelompok jin, menjadikan sumur ini dikenal sebagai "penjara para jin".

BACA JUGA:Pernikahan Aneh dan Unik di Dunia, Termasuk di Indonesia, Nomor 1 Ada Peran Kepala Desa

Pada tahun 2013, perusahaan bernama Dessert Line mencoba mengungkap misteri Sumur Barhut dengan menurunkan seseorang ke dalamnya.

Setelah serangkaian percobaan, seorang YouTuber mencoba menjelajahi sumur tersebut menggunakan drone, namun drone tersebut mengalami kegagalan teknis.

Tim peneliti dan ekspedisi bernama Alkindi akhirnya melakukan perjalanan ke dalam sumur untuk mengungkap mitos dan legenda di sekitarnya.

Alkindi mengikatkan dirinya di tengah lubang sumur, menjelajahi lebih dari 250 meter ke dalamnya, dan menemukan gua besar dengan pemandangan alam yang memukau.

Meskipun beberapa bagian sumur berbau busuk dan terdapat bangkai unggas, Alkindi mengkonfirmasi bahwa tidak ada serangan dari roh jahat atau dimensi lain di dalamnya.

BACA JUGA:Burung Unik, Hanya Ada di Bengkulu, Satwa Endemik Pulau Engano Yang Terancam Punah

Namun, laporan lengkap hasil penelitian dari tim Alkindi tidak pernah dipublikasikan sepenuhnya, meninggalkan banyak pertanyaan dan misteri seputar Sumur Barhut yang masih belum terpecahkan hingga saat ini.

Sementara itu, Buya Yahya dalam kanal youtube Al Bahjah TV menegaskan, sudah menjadi kewajiban umat Muslim untuk menyakini adanya sumur Barhut. Sebab hal itu pernah diucapkan oleh Rasullullah.

Memang menurut Buya ada kabar tim dari Oman mendatangi sumur tersebut dan mencoba masuk dalam ke dalam sumur yang disebut Sumur Barhut dengan kedalamannya kurang lebih 116 meter, dan mendapati air di sumur tersebut jernih.

Sumber: