Toyota GR Yaris 2024 Tampil Lebih Segar, Eksterior dan Interior Semakin Mewah

Toyota GR Yaris 2024 Tampil Lebih Segar, Eksterior dan Interior Semakin Mewah

Toyota Yaris GR 2024-istimewa-youtube DPCcar

RASELNEWS.COM - Toyota Motor Corporation secara resmi meluncurkan facelift Toyota GR Yaris di Tokyo Auto Salon 2024. Pasca facelift, mobil ini tampil lebih segar.

Bahkan mobil yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2020 ini mengalami penyegaran signifikan pada bagian eksterior, interior, dan mesin. Bukan hanya itu, di tahun 2024, GR Yaris kini hadir dengan opsi transmisi otomatis.

Di bagian eksterior, perubahan mencakup penggunaan bumper depan dengan aksen hitam dan desain intake baru.

BACA JUGA:Semangka Densuke: Buah Hitam Asal Jepang Seharga Mobil, Mau Coba?

Sisi samping tetap mempertahankan desain velg yang sama seperti model sebelumnya, sementara bagian belakang menampilkan lampu belakang LED yang menyatu di bagian kanan dan kiri, dengan logo Toyota yang sebelumnya terdapat di pintu bagasi kini telah dihilangkan.

Interior Toyota GR Yaris 2024 mengalami peningkatan pada dashboard yang kini lebih terfokus pada pengemudi, dengan ventilasi AC berbentuk turbin.

BACA JUGA:Daihatsu Rilis Mobil Baru Desain Mini Cooper, Daya Pacu 658 CC, Penggerak Roda Belakang

Head unit menggunakan model tanam, bukan floating seperti versi sebelumnya. Panel instrumen digital berukuran 12,3 inci, yang juga digunakan oleh GR Corolla, kini menjadi fitur unggulan.

Meskipun begitu, desain lingkar kemudi tetap dipertahankan dari varian sebelum facelift.

Dalam hal performa, Toyota GR Yaris 2024 dibekali dengan mesin bensin 3 silinder berkapasitas 1,6 liter turbocharged yang telah mengalami modifikasi.

BACA JUGA:Mau Beli Mobil atau Motor Bekas? Periksa Dulu BPKB, Berikut Ciri-ciri BPKB Asli dan Palsu

Toyota meningkatkan tekanan injeksi langsung, menggunakan piston yang lebih ringan, dan menambahkan sensor tekanan udara.

Dengan modifikasi tersebut, GR Yaris facelift kini memiliki tenaga sebesar 300 hp pada 6.500 RPM dan torsi 400 Nm pada rentang 3.250-4.600 RPM.

Angka ini menunjukkan peningkatan signifikan dari versi sebelumnya yang memiliki tenaga 268 hp dengan torsi 370 Nm.

BACA JUGA:New Honda Beat 2024 Resmi Dipasarkan, Ada yang Beda? Cek Spesifikasinya

Salah satu inovasi lainnya adalah penambahan opsi transmisi otomatis. Jika sebelumnya hanya tersedia dalam transmisi manual 6-percepatan, kini Toyota GR Yaris 2024 tersedia juga dalam transmisi otomatis 8-percepatan dengan unit kopling tunggal Direct Automatic Transmission, dilengkapi dengan paddle shifter.

Meskipun varian otomatis memiliki bobot lebih berat sebesar 18 kg, namun Toyota mengklaim bahwa ini dapat meningkatkan kecepatan respons mobil.

BACA JUGA:BYD Dolphin, Mobil Listrik Penggerak Roda Depan Gebrak Pasar di Indonesia, Nih Spesifikasi Lengkapnya

Untuk meningkatkan pengendalian dan rigiditas mobil, Toyota melakukan sejumlah perubahan pada bagian bodi.

Jumlah baut yang mengencangkan bodi ke shock absorber ditingkatkan, sementara jumlah spot welding ditingkatkan sekitar 13 persen

Sumber: