Honda Win Bereinkarnasi? Mesin Setara Kawasaki Ninja 250SL

Honda Win Bereinkarnasi? Mesin Setara Kawasaki Ninja 250SL

Honda Win 250 CC-istimewa-tangkapan layar youtube bang rossi

RASELNEWS.COM - Honda Win berencana bereinkarnasi. Motor dengan bodi ala sport ini tidak lagi mengusung mesin 100 cc, melainkan memiliki daya pacu 250 cc.

Melihat mesin tersebut, kecepatan motor yang menjadi kendaraan Rano Karno dalam Film Si Doel Anak Sekolahan, ini menyamai Kawasaki Ninja.

BACA JUGA:Keren, Skutik Penjelajah Milik Honda Ini Jadi Motor Terbaik di Indonesia

Jika dilihat sekilas, reinkarnasi Honda Win ini pasti mengingatkan kita pada Honda Win 100, motor bermesin seloncoran yang populer di kalangan anak sekolahan.

Motor diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1984 dan sering menjadi pilihan favorit bagi para guru, kepala desa, atau pejabat pemerintahan sebagai kendaraan dinas.

Ternyata, beberapa tahun sebelum Honda Win 100 muncul, Honda ternyata pernah menciptakan motor dengan desain serupa yang diberi nama Honda CB 250 RS.

BACA JUGA:Lagi, Honda Luncurkan Skutik Sporty Desain Maxi, Tampilan Mirip Honda Beat, Tapi Harganya Murah Banget?

CB 250 RS pertama kali diluncurkan pada tahun 1980, dan ada kemungkinan besar bahwa desain CB 250 RS memberikan inspirasi pada Honda Win.

Sebab banyak komponen Honda Win, seperti desain tangki, speedometer, headlamp, stop lamp, bok samping, dan bentuk lampunya, identik dengan CB 250 RS.

Yang unik, CB 250 RS juga tidak dilengkapi dengan starter elektrik.

BACA JUGA:Toyota Rush Terbaru 2024, Tampilan Lebih Sangar, Berikut Fakta Menarik yang Wajib Diketahui Pecinta Otomotif

Seperti Honda Win 100, CB 250 RS memiliki mesin silinder tunggal berkapasitas 250 cc, SOHC, C4 KP Twin port, berpendingin udara, pengkabutan bahan bakar karburator Keihin 30 mm, dan transmisi lima percepatan.

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 24 horsepower pada 8.500 RPM dan torsi puncak 21,5 Nm pada 8.000 RPM.

Sebagai motor silinder tunggal 4 tak pada masanya, CB 250 RS dikategorikan sebagai sport naked yang cukup bertenaga, dengan catatan performanya yang tidak jauh berbeda dengan Kawasaki Ninja 250SL.

BACA JUGA:Honda XRE 300 Sahara Dirilis, 'Minuman' Tidak Cuma Bensin, Khusus Motor Adventure Bike , Harga?

Pabrikan Honda mengklaim bahwa konsumsi bahan bakar CB 250 RS adalah 1 liter bahan bakar untuk menempuh jarak 50 km, dengan catatan kecepatan rata-rata tidak lebih dari 50 km/jam.

Sumber: