Tanaman Penghasil Uang! 2 Tahun Sudah Menghasilkan, Panen per Minggu Selama 20 Tahun, 1 Kilo Rp 15 Ribu

Tanaman Penghasil Uang! 2 Tahun Sudah Menghasilkan, Panen per Minggu Selama 20 Tahun, 1 Kilo Rp 15 Ribu

Kacang Sancha Inchi, Tanaman Penghasil Uang-istimewa-youtube taruna garden

RASELNEWS.COM - Berkebun atau bertani sudah menjadi profesi yang jangan lagi dianggap disepele. Bercocok tanam menjadi salah satu kegiatan yang ternyata bisa menghasilkan uang yang sangat menjanjikan.

Salah satunya tanaman penghasilan uang ini. Ketika berumur 2 tahun saja sudah bisa menghasilkan cuan. Yang menarik lagi, buah yang dihasilkan bisa dipetik atau dipanen setiap minggu selama usia tanaman mencapai 20 tahun.

BACA JUGA:Peluang Usaha Menjanjikan Di Dekat Rumah, 1 Kali Tanam Panen 3 Hari Sekali, Omzet Puluhan Juta, Ini Usahnya

Bukan hanya itu, buah dari tanaman ini bernilai jual tinggi. Untuk kondisi kering dihargai Rp 15 ribu per kilo. Sedangkan jika masih dalam kondisi biji Rp 10 ribu per kilo

Adalah tanaman kacang Sacha Inchi yang bijinya bisa dikonsumsi setelah dipanggang. Disebut tanaman penghasil uang karena kacang ini kaya akan bernutrisi dan biasa digunakan dalam campuran bubuk protein, sereal, dan makanan lainnya.

Sacha Inchi dalam bahasa latin disebut Plukenetia volubilis. Tanaman ini dikenal sebagai kacang inka atau kacang gunung atau kacang yang berasal dari hutan tropis Amazon Peru.

BACA JUGA:Bahaya, Awal Tahun Kasus DBD Meningkat, Dinas Kesehatan Bengkulu Selatan Gencar Lakukan Fogging

Sebagian besar, tanaman ini siap dipanen sekitar umur 100 hari setelah ditanam. Proses dilakukan ketika daunnya mulai menguning. Kacang tanah yang matang warnanya berubah dari putih atau kuning menjadi cokelat.

Kacang Sacha Inchi merupakan sejenis kacang, tapi bukan golongan varietas kacang-kacangan yang belum banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia.

Pertama kali populer dibudidayakan untuk Asia Tenggara adalah Thailand, yang dikembangkan menjadi berbagai produk olahan seperti makanan.

BACA JUGA:Mobil Mini Seharga Motor Bekas, Irit Bahan Bakar, Praktis dan Anti Jalanan Macet, Mesinpun Tangguh

Tanaman ini salah satunya telah dibudidaya oleh Pondok Pesantren (Ponpes) Nashrul Huda II Bawang.

Hasilnya, kacang ini benar-benar menjadi tanaman penghasil uang dengan waktu panen setiap minggu.

Sampai saat ini sudah menghasilkan nilai ekonomi yang sangat tinggi. Ponpes Nashrul Huda II Bawang berhasil menghasilkan empat produk unggulan dari kacang Sancha Inchi seperti snack makanan, teh, tepung, dan minyaknya.

BACA JUGA:Wuling Bangkit, Cina Luncurkan Mobil Berkualitas Tinggi Dengan Harga Terjangkau, Siap Gempur Pasar Dunia

Awalnya Ponpes ini pertama kali bereksperimen membuat snack makanan dengan percobaan tiga kali selalu gagal dari segi rasa dan teksturnya kurang.

Akhirnya percobaan keempat barulah berhasil setelah menambah bahan tambahan yakni garam saja dengan proses pemanggangan sampai tiga kali.

Kacang Sacha inchi ini sangat kaya akan asam lemak seperti omega 3, omega 6, dan omega 9 yang sangat bermanfaat bagi kecerdasan anak.

BACA JUGA:Suzuki Fronx, Mobil Baru Berteknologi Canggih, Harganya Murah Hanya Rp 100 Jutaan, Seperti Ini Spesifikasinya

Secara morfologi, buah Sacha Inchi memiliki bentuk bintang, di mana dalam satu bintang dapat menyimpan antara 4 sampai 5 butir biji. Buah muda berwarna hijau. Sedangkan buah yang sudah tua bewarna coklat kehitaman.

Pihak ponpes memanfaatkan lahan 3.000 meter persegi dengan jumlah 200 pohon Kacang Sanhca Inchi. Ketika berusia 2 tahun, tanaman pun sudah menghasilkan.

Setiap pohon bisa menghasilkan 1 Kg kacang. Ketika berusia 3 tahun, per batang mendapatkan 2 Kg.

Sumber: youtube taruna garden