Peluang Usaha Menjanjikan! Raup Rp 8 Juta per Bulan dari 200 Batang Pepaya California

Peluang Usaha Menjanjikan! Raup Rp 8 Juta per Bulan dari 200 Batang Pepaya California

Tanam Pepaya 200 Batang Hasilkan 8 Juta /Bulan -istimewa-Tangkapan Layar Youtube Penyuluh Pertanian

RASELNEWS.COM - Pepaya California merupakan salah satu jenis Pepaya yang sangat digemari dan terkenal di Indonesia dan tumbuh cukup baik negara kita.

Hal ini merupakan peluang usaha yang cukup menjanjikan bagi para petani. Dengan 200 batang Pepaya Calipornia, ternyata bisa meraup Rp 8 juga per bulan.

BACA JUGA:Belum Dapat Kerja? Berikut 7 Peluang Usaha yang Tak Pernah Mati, Risiko Gagal Kecil, Untung Berlipat-lipat

Pepaya California yang dikenal sebagai buah impor sebenarnya merupakan hasil penelitian Dr. IR Sriani Suji Prihati MS dan tim dari Pusat Kajian Hortikultura Tropika IPB Bogor.

Tanaman ini awalnya diperkenalkan pada 26 Mei 2010 dengan nama asli pepaya Kalina.

Namun, para distributor dan pedagang lebih suka menggunakan nama California untuk memberikan kesan impor dengan tujuan meningkatkan daya jual.

BACA JUGA:Peluang Usaha Menjanjikan Di Dekat Rumah, 1 Kali Tanam Panen 3 Hari Sekali, Omzet Puluhan Juta, Ini Usahnya

Karakteristik Pepaya California dapat dilihat dari bentuknya yang lonjong dan memanjang, serta batangnya yang lebih pendek dari pepaya pada umumnya dengan tinggi sekitar 1,5 hingga 2 meter.

Pepaya ini dapat dipanen setelah berumur 8 sampai 9 bulan dan berbuah hingga mencapai 4 tahun.

Kang Jupran, petani milenial asal Cigelis yang sudah 2 tahun aktif mengembangkan budidaya tanaman pepaya California menyarankan agar pemilihan bibit menjadi kunci sukses pertama.

BACA JUGA:6 Ide Usaha Depan Rumah, Pas untuk Emak-emak, Modal Kecil Untung Mengalir Terus

"Hitung-hitungannya sangat menjanjikan. Modal yang dibutuhkan sekitar 50 hingga 75 ribu per pohon. Ini termasuk biaya penggarapan lahan, pemupukan, dan pemeliharaan," imbuhnya

Di banding tanaman lain, Kang Jupra menilai modal usaha menanam Pepaya California relatif kecil. Dengan harga jual Rp4.000 per kilogram, setiap pohon bisa menghasilkan keuntungan yang signifikan.

"Setelah bibit, pemberian pemupukan organik dan pupuk kimia per pohon setiap minggu juga menjadi kunci sukses usaha ini," pungkasnya

BACA JUGA:Tinggal di Desa dan Belum Punya Kerja? Coba 10 Ide Usaha Ini, Pesaing Sedikit, Omzet Ratusan Ribu per Hari

Secara umum, peluang usaha Pepaya California ini nyaris tanpa hambatan dibandingkan dengan budidaya sayuran yang kerap diserang hama dan penyakit.

Sumber: