Honda Sahara 300: Motor Adventure Berbahan Bakar Bensin dan Etanol

Honda Sahara 300: Motor Adventure Berbahan Bakar Bensin dan Etanol

Honda Sahara 300-istimewa-youtube weliton f8

RASELNEWS.COM - Motor Adventure terbaru dari Honda ini bukan hanya mengonsumsi bensin.  Mesinnya juga dapat ditenagai dengan BBM etanol untuk performa lebih unggul.

Ya, Honda telah meluncurkan model terbaru dari Adventure Bike mereka yang diberi nama Honda XRE 300 Sahara atau dikenal sebagai.

Nama Sahara diambil dari model adventure B sebelumnya, yaitu NX350 Sahara. Motor Sahara 300 dirancang sebagai adventure back to land, dilengkapi dengan kaki-kaki kokoh dan postur tinggi untuk menaklukkan berbagai kondisi medan.

BACA JUGA:Dihantam Skutik, Motor Honda Seharga Rp 21 Juta Ini Tenggelam, Sulit Ditemukan di Dealer, Padahal Tangguh

Bagian roda motornya mengusung velg berjari-jari 21 inci di depan dan 18 inci di belakang, dilapisi dengan ban dual purpose, serta dilengkapi dengan sistem pengereman cakram depan dan belakang [Musik].

Cakram Honda Sahara 300 memiliki desain mirip dengan CB500X. Hanya saja motor ini terlihat lebih tinggi berkat kaki-kakinya, dan knalpotnya tergantung di bawah jok, mirip dengan knalpot yang digunakan pada motor trail.

Sahara 300 ditenagai oleh mesin berkapasitas 293,5 cc, dengan ukuran piston 77 mm dan langkah 63 mm.

BACA JUGA:Mau Modifikasi Motor? Ketahui Modif Legal dan Tidak Melanggar Hukum

Sistem pendinginan mesin menggunakan udara dan oil cooler, sistem bahan bakar full injection, dan transmisi 6 speed.

Mesin ini diklaim mampu menghasilkan daya maksimal sebesar 24,4 tenaga kuda pada 7.500 RPM dan torsi puncak sebesar 26,5 Nm pada 5.750 RPM.

Klaim performa ini berdasarkan penggunaan bahan bakar bensin konvensional, namun, jika menggunakan bahan bakar etanol, tenaganya sedikit meningkat menjadi 24,8 tenaga kuda dan torsi 26,9 Nm.

Di negara peluncurannya, yaitu Brasil, penggunaan etanol sebagai bahan bakar tidak asing, karena Brasil merupakan produsen tebu terbesar di dunia, dan etanol sering kali dihasilkan dari tebu.

BACA JUGA:Motor Sering Terkena Paparan Panas Matahari? 5 Bagian Ini Harus Dapat Perhatian

Oleh karena itu, performa motor-motor yang dijual di Brasil biasanya diukur dalam dua kategori, yaitu performa menggunakan bahan bakar bensin biasa dan performa menggunakan bahan bakar etanol.

Honda Sahara 300 juga dilengkapi dengan tangki bahan bakar berkapasitas 13,8 liter, speedometer digital lengkap dengan lampu LED, fitur pengereman ABS dual channel, USB tipe C, dan fitur ISS atau fitur lampu hazard yang akan menyala saat pengendara mendadak mengerem.

Saat ini, Honda Brasil menawarkan Sahara 300 dalam tiga varian model yang berbeda, yaitu tipe standar, reli, dan adventure, dengan perbedaan dalam hal warna dan aksesoris.

Sumber: