Gara-gara Rangka, Honda Stylo 160 Dihujat, Padahal Baru Tiba di Indonesia, AHM Bimbang

Gara-gara Rangka, Honda Stylo 160 Dihujat, Padahal Baru Tiba di Indonesia, AHM Bimbang

Rangka motor skutik-istimewa-raselnews.com

RASELNEWS.COM - Skutik Honda Stylo 160 bergaya retro modern langsung dihujat. Padahal matic ini baru beberapa hari tiba di pasar otomotif Indonesia.

Bukan tanpa sebab, hujatan dan kritikan ini disebabkan oleh penggunaan rangka eSAF yang kontroversial yang masih melengkat di skutik satu ini. 

BACA JUGA:Skutik All New Aprilia Sr GT 2024, Motor yang Terinspirasi MotoGP, Desain Sporty Performa Luar Biasa

Motor ini diharapkan menjadi poin balik bagi Astra Honda Motor (AHM) setelah mendapat kritik terkait isu rangka keropos yang banyak dihindaria konsumen di tanah air. 

Meskipun desainnya mirip Honda Juno plis yang sudah hadir di Thailand, AHM memilih pendekatan berbeda untuk pasar Indonesia.

Honda Stylo 160, motor Honda retro yang telah lama dibahas, akhirnya dirilis oleh Astra Honda Motor.

BACA JUGA:Skutik Zontes 501G 2024, Motor Maxi Berperfoma Tangguh dan Berfitur Canggih

Pendapat terbagi tentang desainnya, beberapa menganggapnya bagus, sementara yang lain menganggapnya kurang menarik.

Keputusan paling mengejutkan adalah penggunaan rangka eSAF pada motor ini oleh AHM. Meskipun banyak dihindari di Indonesia, AHM tetap setia pada rangka tersebut.

Keputusan ini menjadi dilema. Dalam artian, jika mereka meninggalkan rangka eSAF alias memakai rangka pipa biasa, itu artinya pihak AHM sendiri secara tidak langsung mengakui rangka eSAF adalah produk gagal.

BACA JUGA:Skutik Honda Ini Pelopor Mesin 160 CC, Pernah Masuk Indonesia, Tapi Ditarik Lagi, Kok Gitu?

Namun, tetap menggunakan rangka ini dapat menyusutkan minat pembeli, terutama bagi mereka yang tidak setuju dengan penggunaan rangka eSAF.

Potensi penjualan Honda Stylo 160 mungkin terhambat oleh penggunaan rangka eSAF ini, meskipun diperbaikan secara keseluruhan.

AHM mungkin memiliki alasan tersendiri, seperti stok eSAF yang masih berlebih di gudang. Desain motor ini menciptakan ambiguitas, dengan sebutan "matik retro" tetapi memiliki unsur-unsur modern yang terlalu kentara.

BACA JUGA:Skutik Titisan Black Mamba Milik SYM Rilis, Desain Crossover dan Bertenaga

Mesinnya mewarisi Vario 160 eSPV plus 4 katup yang telah terbukti kencang dan irit bahan bakar.

Sayangnya, bagian kerangka bawahnya masih kurang perhatian. Mesin Stylo 160 memiliki daya 15,4 PS dan torsi 13,8 Nm, dengan bobot 115 kg untuk tipe CBS dan 118 kg untuk tipe ABS.

Sumber: youtube moto z