3 Motor Ini Berbahan Bakar Solar, Per Liter Tempuh 100 KM, Nomor 3 Buatan Indonesia

3 Motor Ini Berbahan Bakar Solar, Per Liter Tempuh 100 KM, Nomor 3 Buatan Indonesia

Motor berbahan bakar solar-istimewa-youtube pauh henshaw

RASELNEWS.COM - Motor berbahan bakar solar? Mungkin jarang atau bahkan belum pernah Anda dengar. Dengan semakin berkembangnya dunia otomotif, inovasi terbaru juga bermunculan.

Ya, saat ini, umumnya kendaraan kendaraan roda dua, sebagian besar mesin menggunakan mesin berbahan bakar bensin atau listrik.

Namun, siapa sangka, saat ini sudah ada sepeda motor berbahan bakar solar, layaknya mobil diesel. Bahkan dari 3 motor berikut ini, salah satu diantaranya buatan Indonesia.

BACA JUGA:Cuma Rp 11 Juta, Motor Honda Retro Bodi Ramping Ini Pas untuk Emak-emak ke Pasar, Pelajar Juga Oke

Diketahui, pernah ada beberapa produsen yang mencoba memproduksi sepeda motor dengan mesin diesel, tetapi mayoritas dari mereka menyerah karena pangsa pasar yang hampir tidak ada alias minim peminat.

Padahal kendaraan bermesin diesel ini dikenal sangat irit. Per liter mampu menempuh jarak 100 KM. Bahkan ternyata sudah ada yang dibuat di Indonesia.

Ada dua alasan utama mengapa mesin diesel tidak populer di sepeda motor. Pertama, terkait dengan biaya produksi.

BACA JUGA:Motor Sport Andalan Honda 2024 Mengaspal, Mesin Besar, Tampilan Keren, Anak Muda Pasti Suka

Biaya produksi mesin diesel lebih mahal, sehingga membuat sepeda motor dengan mesin diesel akan menjadi lebih mahal dari yang menggunakan mesin bensin.

Alasan lain adalah tenaga yang dihasilkan tidak sebanding dengan bobot motor.

Meskipun mesin diesel dapat menghasilkan torsi yang lebih besar, sepeda motor yang digunakan di jalan raya lebih membutuhkan tenaga yang lebih besar daripada torsi.

BACA JUGA:Spesifikasi MX King 150, Motor Yamaha yang Dibanderol Murah, Anak Muda Pasti Suka!

Mesin diesel cenderung memiliki rasio kompresi yang tinggi, sehingga mesinnya harus lebih besar dan terbuat dari bahan yang lebih berat untuk menangani tingkat kompresi yang tinggi ini.

Rasio kompresi yang tinggi juga berarti mesin diesel cenderung menghasilkan lebih banyak suara dan getaran dibandingkan mesin bensin.

Sumber: youtube wacky wack