Alasan Mengapa Yamaha Jupiter Z 5TP Masih Sangat Spesial Hingga Saat Ini, Anda Punya?

Alasan Mengapa Yamaha Jupiter Z 5TP Masih Sangat Spesial Hingga Saat Ini, Anda Punya?

Yamaha Jupiter z-istimewa-youtube bang rossi

RASELNEWS.COM - Sepeda motor bebek Yamaha yakni Jupiter Z 5TP hingga saat ini masih sangat spesial, terlebih bagi dunia balap.

Pada sekitar tahun 2005, Yamaha benar-benar memimpin di dunia balap. Saat itu, semua orang terobsesi dengan balapan, apapun jenisnya.

Entah itu drag, road race resmi, bahkan trek liar tersedia di mana-mana. Untuk balap liar, motor-motor 2 tak seperti Satria, Force One, dan R King, serta Ninja, mendominasi.

BACA JUGA: Honda, Kawasaki dan Yamaha Waspada! Suzuki Rilis Motor Trail Terbaru, Mesin Canggih dan Tangguh

Di dunia balap resmi, mesin 4 tak mendominasi karena lebih mudah dalam regulasi daripada mesin 2 tak. Dan dalam kategori R race, satu-satunya motor yang mendominasi adalah Jupiter Z.

Meskipun hampir 20 tahun telah berlalu sejak itu, Jupiter Z masih terlihat di trek balap, baik sebagai motor Rotres maupun drag race. Hal ini menunjukkan bahwa motor ini masih sangat istimewa. Pertanyaannya adalah, mengapa Jupiter Z begitu istimewa?

Yamaha meluncurkan Jupiter pada tahun 2000. Kemudian, pada tahun 2003, mereka sedikit mengubah penampilannya dan menambahkan huruf "Z" di belakang nama Jupiter.

BACA JUGA:Yamaha MT-10SP 2024 Terbaru akan Dirilis, Siap Saingi Ducati dan Honda

Perubahan ini membuat nama Jupiter semakin bersinar. Pada tahun 2005, Yamaha kemudian meluncurkan Jupiter MX dengan mesin 135cc.

Ini menjadi kakak dari MX King. Kemudian, pada tahun 2006, Yamaha meluncurkan varian terbaiknya, yaitu Jupiter Z Burhan.

Pada tahun 2009, mereka bahkan mengeluarkan Jupiter Z yang sangat unik, yaitu Jupiter Z robot dengan mesin 115cc. Selanjutnya, Yamaha mengeluarkan Jupiter MX15 pada tahun 2010, dan Jupiter Z1 juga mengalami facelift pada tahun 2020.

BACA JUGA:Bukan MX King 150! Ini Yamaha Exciter 155, Desain Warna Semakin Sporty dan Aerodinamis

Meskipun ada begitu banyak generasi Jupiter Z, yang membuatnya istimewa hanyalah Jupiter Z yang memiliki mesin 5 TP.

Apa yang membuatnya istimewa? Konstruksi mesinnya adalah kunci jawabannya. Diameter piston standar Jupiter Z adalah 51mm dan langkah (strok) 54mm, yang cukup besar.

Namun, yang membuatnya istimewa adalah kemampuan mesinnya untuk diperbesar hingga 70mm tanpa perlu mengganti boring. Selain itu, material yang digunakan juga sangat berkualitas, menjadikannya unggul di kelasnya.

BACA JUGA:TVS Kalisto 125, Skutik Terbaru yang Dibanderol 21 Jutaan dan Siap Menantang Yamaha NMAX

Dengan adanya pilihan kopling Yamaha X1 di Thailand, Jupiter Z dapat dengan mudah diubah menjadi kopling dengan menggunakan kopling bawaan X1.

Faktor lain yang membuat Jupiter Z istimewa adalah ketersediaan spare part yang melimpah. Bahkan sampai saat ini, masih banyak yang menjual part-partnya di berbagai marketplace.

Sumber: