Ternyata Begini Cara Kerja Kopling Manual pada Motor, Baru Tahu Ya?

Ternyata Begini Cara Kerja Kopling Manual pada Motor, Baru Tahu Ya?

Cara Kerja Kopling Manual pada Motor -istimewa-tangkapan layar youtube andre lyanica

RASELNEWS.COM - Kopling memiliki peran penting saat ingin memasukkan dan mengubah gigi pada motor. Kopling berfungsi sebagai penghubung dan pemutus energi yang mengatur aliran putaran mesin dari mesin ke transmisi secara instan.

Pemutusan energi ini diperlukan saat ingin memasukkan atau mengganti gigi perseneling. Saat mesin dalam posisi netral, putaran mesin terhubung ke transmisi tetapi roda tidak bergerak karena masih dalam posisi netral.

Namun, saat tuas kopling ditarik, putaran mesin tidak terhubung ke transmisi, sehingga saat gigi dimasukkan, mesin tidak tersentak. Begitu tuas kopling dilepaskan secara perlahan, gigi sudah masuk dan motor bisa berjalan.

BACA JUGA:Motor Trail Mini Honda Resmi Dipasarkan di Indonesia, Motornya Para Sultan

Mekanisme kopling terletak di sebelah kanan mesin motor. Terdapat dua poros pada kopling, poros luar yang terhubung dengan poros engkol mesin, dan poros dalam yang terhubung dengan transmisi.

Kedua poros ini tidak terhubung satu sama lain. Ada dua jenis plat pada kopling, yaitu plat kopling dan plat besi.

Plat kopling memiliki kampas kopling dan drat luar untuk terhubung dengan poros luar, sedangkan plat besi memiliki drat dalam tanpa berat luar. Plat besi dipasang secara selang-seling di antara plat kopling.

BACA JUGA:Kawasaki Rilis Motor Ninja Versi Skutik Maxi , Harga 20 Juta? Yamaha NMAX dan Honda PCX Menggigil

Untuk mengalirkan putaran mesin ke transmisi, ada plat penekan yang mendorong kedua plat tersebut menempel. Ketika platini menempel, plat besi ikut berputar, sehingga putaran mesin tersalurkan ke transmisi.

Untuk memutuskan putaran mesin, ada tuas pengendali kopling yang terhubung dengan kabel. Saat tuas ditarik, plat penekan akan bergerak ke luar, menghilangkan tekanan dan menciptakan celah antar plat sehingga putaran mesin terputus.

BACA JUGA:Harga Diluar Nalar, Spesifikasi Biasa! Pantas Motor Ini Tak Laku di Indonesia

Demikianlah penjelasan mengenai cara kerja kopling manual pada sepeda motor. Semoga bisa menambah pemahaman Anda semua. (and)

Sumber: