Motor Anda Ngejym? Ini Penyebab dan Solusinya

Motor Anda Ngejym? Ini Penyebab dan Solusinya

Motor Anda Ngejym? Ini Penyebab dan Solusinya-istimewa-tangkapan layar youtube babah 135cc

RASELNEWS.COM -  Berikut suatu kondisi yang jarang terjadi tapi mungkin terjadi pada sepeda motor Istilahnya.

Adalah motor ngejym atau piston yang macet di dalam blok silinder. Kondisi ini cukup serius karena motor tidak bisa dihidupkan, bahkan hanya dengan menengkolnya saja.

Lalu, apa yang menyebabkan motor ngejym dan bagaimana solusinya jika hal ini terjadi?

BACA JUGA:Perbedaan Honda Stylo 160 dan Scoopy, Dari Desain, Mesin, Hingga Harga

Piston adalah komponen berbentuk tabung yang selalu bergerak naik turun di dalam blok silinder. Piston ini dituntut untuk mampu bergerak dengan kecepatan tinggi.

Oleh karena itu, diameter piston dibuat lebih kecil dibandingkan dengan diameter silindernya. Namun, ketika piston ngejym, piston seolah-olah terjepit di dalam blok silinder sehingga tidak bisa digerakkan.

Hal ini terjadi karena adanya panas berlebihan di dalam mesin, yang seharusnya dikeluarkan oleh sistem pendingin namun tidak teratasi.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan panas berlebihan, salah satunya adalah masalah pada sistem pendingin.

BACA JUGA:Motor Bebek Mesin 110 CC Ini DiJual di Bawah Rp 10 Juta, Honda BeAT Mulai Khawatir

Namun, kasus yang paling sering terjadi adalah karena masalah pada oli. Entah itu karena sirkulasi oli yang tidak lancar atau volume oli yang kurang.

Oli tidak hanya berfungsi sebagai pelumas, tetapi juga sebagai perata panas mesin. Ketika oli tidak cukup atau tidak sirkulasi dengan baik, panas tidak terdistribusi dengan baik, sehingga membuat piston terjepit di dalam blok silinder.

Selain itu, gesekan antara piston dan blok silinder juga dapat menjadi sumber panas. Oleh karena itu, perlunya oli sebagai pelumas.

BACA JUGA:Rekomendasi Mobil Mudik Harga 90 Jutaan, Fitur Mewah, Muat 7 Penumpang, Dibekali Mesin Tangguh

Oli akan melapisi dinding silinder sehingga mengurangi gesekan dan panas yang dihasilkan. Namun, jika sirkulasi oli tidak lancar atau volume oli kurang, oli tidak dapat melapisi dinding silinder dengan baik, sehingga meningkatkan suhu di daerah piston.

Biasanya, sebelum piston benar-benar terjepit, akan muncul tanda berupa suara mesin yang kasar. Suara ini terjadi karena lapisan oli pada dinding silinder sudah habis, sehingga gesekan antara piston dan silinder menjadi kasar.

Jika hal ini terjadi, mesin masih bisa diselamatkan tanpa harus dibongkar. Namun, jika piston benar-benar terjepit, mesin perlu dibongkar untuk mengatasinya.

BACA JUGA: Nissan Keluarkan Senjata Andalan 2024, Juke Hadir Dengan Mesin Hybrid, Lebih Canggih, Matrial Kelas Tinggi

Solusi untuk mesin yang ngejym adalah dengan mendinginkan mesin terlebih dahulu untuk mengembalikan ukuran piston dan silinder ke kondisi normal.

Sumber: