Ini Rahasia Aki Motor Awet, Tidak Habis Bertahun-Tahun

Ini Rahasia Aki Motor Awet, Tidak Habis Bertahun-Tahun

Ini Rahasia Aki Motor Awet, Tidak Habis Bertahun-Tahun -istimewa-tangkapan layar youtube myd kreatif

RASELNEWS.COM - Masalah aki tekor seringkali dialami oleh para pemilik motor. Namun, apa yang terjadi jika aki dicopot? Apakah motor masih bisa menyala?

Perlu diketahui, aki atau baterai adalah alat untuk menyimpan energi listrik yang digunakan untuk berbagai keperluan di motor, seperti lampu, klakson, dan untuk menghidupkan mesin itu sendiri.

Kelistrikan pada kendaraan tidak hanya sebagai aksesoris, tetapi juga penting untuk memastikan mesin dapat menyala.

BACA JUGA:Kilometer atau Bulan: Waktu yang Tepat untuk Mengganti Oli Mesin Mobil?

Meski demikian, aki atau baterai bukanlah komponen utama yang mempengaruhi mesin. Starter mesin mati jika aki tekor, namun mesin tetap dapat dihidupkan menggunakan kickstarter.

Ini karena tenaga untuk menghidupkan mesin berasal dari dinamo pengisian, bukan dari aki. Dinamo pengisian ini menghasilkan arus listrik saat mesin berputar, yang digunakan untuk berbagai keperluan listrik di motor.

Dinamo pengisian terdiri dari kumparan sebagai stator dan magnet permanen sebagai rotor yang terhubung ke poros engkol mesin.

BACA JUGA:Perbedaan Oli Motor Matic dan Manual, Jangan Salah Pakai! Ini Dampak Buruknya

Saat mesin berputar, terjadi persinggungan antara garis gaya magnet pada rotor dengan kumparan pada stator, menghasilkan aliran arus listrik yang digunakan oleh motor.

Namun, tegangan yang dihasilkan oleh dinamo pengisian dapat bervariasi tergantung pada putaran mesin. Untuk mengatasi hal ini, digunakan voltage regulator atau kiprok, yang membatasi tegangan agar tetap stabil.

Dengan kedua komponen ini, meski aki dilepas, motor masih dapat menyala.

Untuk motor injeksi, ada komponen tambahan yang disebut pompa bensin yang bekerja secara elektrik. Sebelum mesin dapat dinyalakan, pompa harus diberi daya sejenak untuk meningkatkan tekanan bensin.

BACA JUGA:Benarkah Karet Spring Buffer Bisa Buat Mobil Lebih Empuk? Ini Faktanya, Jangan Menyesal!

Beberapa motor injeksi dilengkapi dengan kapasitor untuk memastikan pompa tetap menyala saat mesin dinyalakan dengan kickstarter.

Dengan demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait sistem listrik pada motor, terutama terkait dengan pengisian aki dan komponen tambahan pada motor injeksi. (and)

Sumber: