Jalan Tol Seksi 3 Jambi Tersambung ke Tol Trans Sumatera, Mudik Makin Lancar

Jalan Tol Seksi 3 Jambi Tersambung ke Tol Trans Sumatera, Mudik Makin Lancar

Tol Seksi 3 Jambi Tersambung ke Tol Trans Sumatera, Mudik Makin Lancar-istimewa-tangkapan layar youtube rakyat biasa

RASELNEWS.COM - Usai Idul Fitri ini, pembangunan jalan tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 3 di Provinsi Jambi diperkirakan akan rampung dan segera fungsional dalam beberapa bulan kedepan, minimal usai lebaran Idul Adha.

Kelanjutannya, ruas ini akan disambung ke pengerjaan jalan tol di seksi 4. Dengan ada jalan tol, pastinya tradisi diantaranya mudik kedepan akan semakin lancar dan cepat serta ekonomis.

BACA JUGA:Jalan Tol Bengkulu Telan Korban, Dua mobil Tabrakan, 3 Penumpang Luka Luka

Dilansir jambiekspres.bacakoran.co proses ini sedang berlangsung. Adapun seksi 3 ini sendiri memiliki panjang 15,42 km yang menghubungkan Palembang-Jambi, merupakan bagian Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) yang memang sudah beroperasi.

Nah untuk progres saat ini pengerjaan pembangunan sudah mencapai 72 persen atau hanya menyisakan sedikit lagi.

Pemerintah menargetkan pada semester II atau setelah Juni 2024 proses pembangunannya akan selesai dan dapat dimanfaatkan.

BACA JUGA:Polda Pasang Kamera Etle di Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Perencanan dan Pengawasan Satker Pembangunan Jalan Bebas Hambatan (PBJH) Provinsi Jambi Joko Santoso menjelaskan lanjutan dari seksi 3 nantinya akan terus berlanjut ke seksi 4. "Jadi nanti akan tersambung ke Simpang Ness yaitu seksi 3 ke seksi 4," terangnya.

Masih menurutnya bila berdasarkan desain, nantinya akan ada overpass, kurang lebih 16 km, yang merupakan jembatan layang di atas jalan nasional yang ada di bawahnya. Sementara utuk progres kedepan seksi 4 akan menunggu arahan lebih lanjut dari pemerintah pusat.

BACA JUGA:Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung Beroperasi 3 Desember, Gratis

Diketahui sebelumnya, Ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) di Bayung Lencir Tempino (Baleno) Seksi 3 pada awal April 2024 sudah mencapai 72 Persen. N

Namun, masih terdapat beberapa kendala pembebasan lahan yang harus dituntaskan pihak pemrakarsa sendiri sehingga tertahan beberapa saat.

"Pekerjaan sudah sesuai progres triwulan II tahun 2024 yang direncanakan. Adapun total panjang jalan tol Seksi ini sepanjang 15,47 Kilometer," tambahnya.

BACA JUGA:Uji Coba Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung Gratis

Saat ini para pekerja sedang menggarap seperti galian, timbunan, drainase, dan terdapat Pile Slab sepanjang 3,7 kilometer.

Namun sedikit mengalami kendala saat musim hujan yang sedang terjadi, sehingga memperlambat pekerjaan.

"Kendala lain diantaranya lahan yang belum bebas diinterchange. Ada juga juga di STA 141 dan 146 untuk pengalihan arus sungai dan drainase samping, serta di akses Simpang Sebidang (Exit Tol), tapi kami optimis akan tetap sesuai target," imbuhnya.

Sumber: