Ini Penyebab Motor 2 Tak Lebih Bertenaga Dari 4 Tak

Ini Penyebab Motor 2 Tak Lebih Bertenaga Dari 4 Tak

Ini Penyebab Motor 2 Tak Lebih Bertenaga Dari 4 Tak -istimewa-tangkapan layar youtube zutupedia

RASELNEWS.COM - Ini yang membuat motor dengan mesin 2 Tak lebih bertenaga dibandingkan dengan mesin 4 Tak. Hal ini sangat jelas adanya perbedaan antara antara motor mesin 2 tak dan mesin 4 tak.

Di mana, Mesin 2 tak tidak memiliki mekanisme katup seperti mesin 4 tak. Mengapa? Karena mesin dua tak dapat bekerja tanpa memerlukan katup seperti mesin 4 tak. Ini adalah perbedaan yang mencolok.

BACA JUGA:Apa yang Membuat Mesin Blue Core Yamaha Begitu Hebat? Ini Penjelasannya

Mesin 2 tak terdiri dari dua langkah piston untuk menyelesaikan satu siklus pembakaran, dengan satu langkah naik dan satu langkah turun.

Sementara itu, mesin 4 tak memiliki empat langkah, dengan dua langkah naik dan dua langkah turun untuk satu siklus pembakaran.

Bagaimana mesin dapat melakukan siklus pembakaran hanya dalam dua langkah piston?

BACA JUGA:Mengapa Mesin Diesel Tidak Menggunakan Busi?

Proses pembakaran pada mesin melibatkan pemasukan campuran udara dan bensin, proses kompresi, pengapian untuk menghasilkan energi, dan pembuangan gas sisa melalui knalpot.

Meskipun kedua jenis mesin mengalami semua proses ini, prosesnya berbeda.

Pada mesin 4 tak, material masuk dan keluar melalui katup di ruang bakar. Namun, pada mesin 2 tak, proses pembakaran lebih ringkas.

BACA JUGA:Mini SUV Terbaru, Mesin Turbo, Penantang Baru Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Piston bergerak untuk mentransfer material pembakaran dari ruang bawah ke ruang atas melalui saluran transfer saat naik dan turun. Material pembakaran tertutup oleh piston sehingga tidak keluar melalui saluran transfer.

Efeknya terhadap performa mesin adalah bahwa mesin 2 tak menghasilkan satu putaran engkol untuk setiap siklus pembakaran.

Sementara mesin 4 tak memerlukan dua putaran engkol. Ini berarti mesin 2 tak mengalami lebih banyak pembakaran dalam waktu yang sama, sehingga memiliki performa yang lebih tinggi.

BACA JUGA:Lebih Baik Mana Motor Mesin 4 Tak atau 2 Tak?

Nah demikian penjelasan tentang mengapa mesin 2 tak memiliki performa yang lebih tinggi daripada mesin 4 tak. (and)

Sumber: