Masih Jomblo? Begini 5 Cara Mencari Jodoh yang Islami

Masih Jomblo? Begini 5 Cara Mencari Jodoh yang Islami

5 Cara Mencari Jodoh yang Islami-istimewa-freepik.com

Jangan rencana nikahnya masih jauh tapi sudah mau cari pasangan. Itu sama seperti anak SMP yang berpacaran yang tak jelas juntrungnya: mau menikah tapi masih ingin lanjut SMA, setelah itu kuliah, masih jauh tapi sudah suka pacaran, pegang-pegangan, peluk-pelukan, bahkan ada yang sampai berzina dan hamil di luar nikah.

2. Perbaiki diri

Jika Anda ingin punya pasangan yang baik, maka Anda harus baik dulu. Jangan berharap pasangan yang baik sementara Anda tidak baik.

Dalam Quran Surah An-Nur Ayat 26, Allah Subhanahu wa Ta'ala mengingatkan kita bahwa perempuan-perempuan yang keji itu hanya untuk laki-laki yang keji pula.

BACA JUGA:Mau Cari Pasangan Hidup? Jangan Cari di 5 Situs Pencari Jodoh Ini, di Luar Akal Sehat

Begitu juga sebaliknya, perempuan-perempuan yang baik hanya untuk laki-laki yang baik pula. Jadi jika Anda ingin mendapatkan pasangan yang mantap dan berkualitas, mantapkan dan kualitaskan dulu diri Anda.

3. Jangan menetapkan kriteria yang muluk-muluk

Sebelum memilih pasangan, memang kita dianjurkan untuk menetapkan kriteria. Tapi kriteria yang dibuat itu jangan terlalu berat dan muluk-muluk: harus begini, harus begitu, harus punya ini, harus punya itu, dan lain sebagainya.

Biar aman, ikuti saja standar yang dianjurkan oleh Baginda Rasul Shallallahu Alaihi Wasallam, yakni minimal memiliki agama yang bagus sebagai bekal mendidik anak-anak setelah berumah tangga nantinya.

BACA JUGA:Apakah Kamu akan Bahagia dengan Kekasihmu? Begini Perhitungan Jodoh Berdasarkan Nama Versi Primbon Jawa

4. Meminta bantuan orang lain

Dalam Islam, berpacaran itu hukumnya haram. Maka untuk mengenal pasangan tanpa harus berpacaran adalah dengan cara meminta bantuan orang lain yang bisa dipercaya.

Setelah memperoleh kejelasan dan kedua belah pihak menyetujui segala sesuatunya, jangan tunggu lama-lama lagi. Menikahlah. Setelah itu silakan berpacaran dengan bebas tanpa takut berdosa.

5. Perbanyak ibadah dan doa

BACA JUGA:Para Jomblo Wajib Tahu, 5 Tanggal Lahir Ini Dipercaya Sulit Dapat Jodoh, Apakah Anda Miliki Tanggal Lahir Itu

Mintalah kepada Allah agar menganugerahkan pasangan yang sholeh atau sholehah, yang menyenangkan hati, menentramkan jiwa, sakinah, mawaddah, dan rahmah.

Semoga Anda yang belum menikah tapi sudah sampai di usia wajib nikah diberikan Allah Subhanahu Wa Ta'ala pasangan yang baik dengan segera. Bagi yang sudah menikah, mudah-mudahan menjadi keluarga ahli surga. (and)

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sumber: