Amalan Terbaik di Ujung Usia, Wajib Diketahui bagi Anda Umur 60 Tahun ke Atas

Amalan Terbaik di Ujung Usia, Wajib Diketahui bagi Anda Umur 60 Tahun ke Atas

Amalan Terbaik di Ujung Usia, Wajib Diketahui bagi Anda Umur 60 Tahun ke Atas-istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Di usia senja, ada beberapa amalan yang sangat penting untuk kita lakukan. Sebuah riwayat dari Ibnu Abbas menyebutkan bahwa Umar bertanya tentang ayat yang berbunyi

"Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan, dan kamu lihat manusia memasuki agama Allah dalam jumlah besar, maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu, dan mohonlah ampunan kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat." (Surah An-Nasr, Ayat 1-3)

BACA JUGA:1 Dzulhijjah 1445 H Jatuh pada 8 Juni 2024! Yuk Perbanyak Amalan 10 Hari di Bulan Dzulhijjah Berikut Ini

Beberapa sahabat bertanya tentang tafsir ayat ini, dan Ibnu Abbas menyatakan bahwa ayat tersebut menandakan akan wafatnya Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam.

Allah SWT memberitahunya dengan ayat tersebut bahwa kedatangan pertolongan dan kemenangan itu merupakan tanda bahwa ajalmu sudah dekat.

Oleh karena itu, bertasbihlah dengan memujimu dan mohonlah ampunan kepada-Nya. Umar pun mengakui ketidaktahuannya sebelumnya.

BACA JUGA:Catat! Berikut Amalan-amalan Sunnah di Bulan Dzulhijjah, Yuk Perbanyak Pahala

Di samping itu, Allah SWT berfirman bahwa Dia menciptakan manusia dari air mani, kemudian menjadi segumpal darah, lalu menjadi segumpal daging, yang kemudian dijadikan tulang-belulang, dan tulang-belulang itu dilapisi dengan daging. Kemudian, manusia itu hidup sebagai makhluk yang baru. (Surah Al-Mu'minun, Ayat 67)

Imam Al-Qurtubi mengatakan bahwa seseorang yang telah melewati usia 40 tahun dianggap sebagai orang tua. Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda bahwa umur umatku antara 60 hingga 70 tahun, dan hanya sedikit dari mereka yang melebihi itu.

Pada fase ini, kekuatan fisik mulai menurun, kemampuan penglihatan menurun, daya ingat menurun, kulit mengendor, rambut mulai beruban, dan banyak penyakit degeneratif muncul.

BACA JUGA:4 Amalan Pengundang Rezeki di Bulan Ramadhan, Lakukan Dengan Ikhlas, Rezeki Datang Dari Segala Penjuru

Dalam sebuah hadis, seseorang bertanya kepada Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam tentang manusia yang paling baik. Rasulullah menyebutkan orang yang mencari ilmu dan mengajarkannya.

Jadi, di usia senja, kita harus tetap melaksanakan amalan-amalan yang baik, seperti membaca dzikir pagi dan petang, serta tetap hadir dalam majelis ilmu. Allah SWT tidak akan mengabaikan argumen seseorang yang ditunda ajalnya hingga mencapai usia 60 tahun. (and)

Sumber: