Mau Bersedekah? Sedekahlah Kepada 5 Orang Ini, Pahalanya Lebih Besar

Mau Bersedekah? Sedekahlah Kepada 5 Orang Ini, Pahalanya Lebih Besar

sedekah dengan pahala yang besar-istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM  - Sedekah merupakan amalan yang dianjurkan bagi umat Muslim. Namun, terkadang muncul pertanyaan Siapakah yang paling utama menerima Sedekah?

Sedekah memiliki banyak keutamaan seperti meningkatkan keimanan kepada Allah subhanahu wa ta'ala, membersihkan harta, dan memperlancar rezeki.

Sedekah juga dapat menjadi cara untuk menolong sesama. Lalu, siapakah penerima sedekah yang paling utama?

BACA JUGA:Putri Duyung Mitos atau Fakta? Ini Menurut Islam

Rasulullah sallallahu alaihi wasallam menjelaskan melalui banyak hadis tentang keutamaan sedekah, termasuk siapa yang berhak menerima sedekah.

Yang pertama adalah sedekah kepada orang yang membutuhkan. Sedekah yang paling utama adalah yang paling dibutuhkan oleh penerima sedekah dan manfaatnya dapat dirasakan terus-menerus.

Rasulullah menyebutkan dalam hadis riwayat Ibnu Majah, sedekah dengan mengalirkan air dapat menjadi sedekah yang utama.

BACA JUGA:NASA Sebut Potensi Kiamat Makin Dekat, Ilmuwan Ukraina Putuskan Masuk Islam

Lakukanlah di tempat yang kekurangan air sehingga banyak orang yang membutuhkan dapat terbantu. Rasulullah menganjurkan umatnya untuk menjadikan air sebagai sedekah, karena pentingnya air bagi kehidupan kita.

Yang kedua adalah sedekah kepada keluarga dekat yang memusuhi. Rasulullah sallallahu alaihi wasallam menganjurkan untuk bersedekah kepada keluarga yang memusuhi dengan tujuan agar mereka tidak saling memusuhi dan hati mereka menjadi lembut dan sadar.

Yang ketiga adalah sedekah kepada keluarga dan kerabat. Terkadang, kita terlalu fokus bersedekah kepada orang lain sehingga lupa memperhatikan sanak kerabat.

BACA JUGA:Masih Jomblo? Begini 5 Cara Mencari Jodoh yang Islami

Padahal, sedekah terhadap sanak kerabat lebih utama. Suatu masa, turun suatu ayat kepada Nabi Muhammad yang membuat Abu Thalhah menyedekahkan kebun kurmanya yang bernilai besar kepada kerabat dan anak pamannya.

Islam sangat melarang umatnya untuk memutus tali persaudaraan. Oleh karena itu, bersedekahlah kepada kerabat yang memusuhi agar persaudaraan antar sesama Muslim tetap terjalin.

Yang keempat, sedekah ketika sedang sehat. Dalam sebuah hadis sahih riwayat Abu Hurairah, Rasulullah menjelaskan bahwa sedekah yang paling utama adalah saat kamu sedang sehat, sangat menyayangi harta, dan takut miskin.

BACA JUGA:Hukum Asal Menikah Dalam Islam Adalah Sunnah, Tapi Kalau Sudah Begini Hukumnya Wajib

Yang kelima, menafkahi istri dan anak bagi seorang laki-laki yang telah berkeluarga. Sedekah yang pahalanya sangat besar adalah menafkahi istri dan anaknya.

Hal ini menjadi kewajiban sesuai dengan kitab Uqudul Jain karya Syekh Imam Nawawi al-Bantani. Menafkahi istri dan anak merupakan sedekah yang pahalanya jauh lebih besar daripada bersedekah kepada orang lain. (and)

Sumber: