9 Cara Merawat Gardan Mobil yang Harus Diketahui Pemilik Kendaraan

9 Cara Merawat Gardan Mobil yang Harus Diketahui Pemilik Kendaraan

cara merawat gardan mobil-istimewa-raselnews.com

RASELNEWS.COM - Merawat gardan mobil adalah bagian penting dari perawatan kendaraan Anda. gardan adalah komponen yang menghubungkan transmisi dengan roda belakang mobil.

Gardan juga berperan penting dalam transfer tenaga dari mesin ke roda belakang. Lantas bagaimana merawat gardan?Berikut langkah penting untuk merawat gardan mobil Anda:

BACA JUGA:Jangan Sampai Putus di Jalan, Kenali 4 Ciri Fan Belt Mobil Anda Harus Segera Diganti

1. Periksa dan Ganti Oli Gardan Secara Berkala

Periksa tingkat oli gardan mobil Anda menggunakan tongkat pengukur oli gardan. Pastikan level oli berada dalam rentang yang direkomendasikan oleh produsen.

Oli gardan sangat penting untuk melumasi komponen gardan seperti gigi dan bering. Gantilah oli sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh produsen atau mekanik, biasanya setiap 30.000 hingga 50.000 km, atau sesuai petunjuk dalam buku panduan kendaraan Anda.

2. Periksa Kebocoran

Lakukan pemeriksaan rutin untuk melihat adanya tanda-tanda kebocoran oli gardan di sekitar tutup gardan atau di bawah kendaraan Anda. Kebocoran perlu segera diperbaiki untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

BACA JUGA:Mobil CVT Diminta Waspada di KM 100 Ribuan, Patuhi 4 Hal Ini! Berikut Alasannya

3. Perhatikan Seal Gardan

Seal gardan adalah komponen yang mencegah oli keluar dari gardan dan kotoran masuk. Pastikan seal gardan tidak bocor atau aus. Jika Anda menemui masalah, gantilah seal tersebut.

4. Lakukan Pemeriksaan Umum

Lakukan pemeriksaan visual secara rutin pada komponen-komponen gardan termasuk gigi, bearing, dan universal joint. Pastikan tidak ada kerusakan yang signifikan atau aus yang berlebihan.

5. Perawatan Universal Joint

Universal joint menghubungkan gardan dengan poros roda. Pastikan universal joint tidak memiliki kelonggaran atau kerusakan. Beberapa jenis universal joint perlu dilumasi secara berkala sesuai dengan panduan pabrikan.

BACA JUGA:Murah dan Nyaman, 4 Penyakit Ini Menghantui Mobil Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

6. Hindari Membawa Beban Berlebih

Hindari membawa beban yang melebihi kapasitas maksimum yang ditentukan untuk kendaraan Anda. Beban berlebihan dapat menyebabkan stres ekstra pada gardan dan komponen lainnya.

7. Berkendaralah dengan Hati-Hati

Hindari manuver berlebihan, akselerasi atau pengereman yang kasar, terutama saat kendaraan Anda membawa beban berat. Praktik ini akan mengurangi tekanan pada gardan dan komponen lainnya.

8. Lakukan Perawatan Rutin

Ikuti jadwal perawatan yang direkomendasikan dalam buku panduan pemilik kendaraan Anda, termasuk pemeriksaan dan perawatan gardan secara berkala.

Sumber: