Lampu Indikator Check Engine Tetap Menyala Usai Starter? Jangan Panik, Mungkin Ini Penyebabnya

Lampu Indikator Check Engine Tetap Menyala Usai Starter? Jangan Panik, Mungkin Ini Penyebabnya

Lampu Indikator Check Engine Menyala? Jangan Panik, Mungkin Ini Penyebabnya-istimewa-raselnews.com

RASELNEWS.COM - Lampu indikator check engine yang tetap menyala saat mobil telah distarter atau mesin menyala memang bisa membuat pemilik mobil merasa khawatir.

Namun, untuk menghindari kekhawatiran berlebihan, penting untuk memahami beberapa penyebab umumnya.

Di mana, biasanya lampu indikator check engine menyala ketika mesin sudah menyala sebagai tanda mulai dari adanya gangguan pada mesin, sistem kelistrikan, ataupun sistem pembuangan mobil yang bermasalah.

BACA JUGA:Selain Overheat, Ternyata Ini 'Penyakit' Lain Mobil Daihatsu Terios

Bila itu terjadi, tetap tenang. Memang baik segera bawa mobil ke bengkel. Sebab saat lampu indikator mesin menyala menunjukkan adanya masalah pada kendaraan Anda.
 
Alangkah baiknya tidak memaksakan diri untuk melanjutkan perjalanan dengan lampu mesin menyala karena bisa membahayakan Anda.

Hanya saja perlu dipahami, ada beberapa penyebab mengapa lampu indikantor check engine menyala:

1. Masalah Fuel Pump

Kerusakan pada fuel pump dapat membuat lampu indikator check engine menyala. Fuel pump bertanggung jawab menyuplai bahan bakar untuk sistem pembakaran.

BACA JUGA:Jika Muncul 4 Tanda Ini di Mobil Anda, Segera Ganti Oli Gardan, Jangan Tunggu Lagi

Jika tidak optimal, ECU mobil akan mendeteksinya sebagai masalah serius yang dapat mempengaruhi kinerja mesin.

2. Filter Udara Kotor

Filter udara yang kotor atau perlu diganti juga dapat menjadi penyebab lampu indikator menyala. Filter udara berhubungan erat dengan mass airflow sensor yang mengatur bahan bakar berdasarkan udara yang masuk ke mesin.

Filter yang terlalu kotor menghambat suplai udara dan dapat merusak mass airflow sensor.

3. Kerusakan Catalytic Converter: Catalytic converter berfungsi mengurangi emisi gas buang berbahaya. Kerusakan pada komponen ini akan diindikasikan oleh lampu indikator check engine karena efeknya yang buruk bagi lingkungan dan kinerja mobil.

BACA JUGA:Daripada Rusak Parah, 4 Masalah Umum Kerap Dialami Mobil Honda Mobilio

4. Sistem Transmisi

Gangguan pada sistem transmisi juga bisa membuat lampu indikator menyala. Selama kendaraan masih dapat dioperasikan tanpa suara aneh, kondisi ini mungkin masih dalam batas normal, tetapi sebaiknya diperiksa lebih lanjut di bengkel resmi.

5. Masalah Busi

Gangguan pada sistem pengapian seperti busi, kabel busi, atau koil dapat memicu lampu indikator check engine menyala. Menjaga performa sistem pengapian dapat mengurangi risiko lampu indikator tersebut menyala.

6. Permasalahan pada Aki

Sumber: