Apa Itu Sistem Transmisi Manual, AT, AMT, iMT, CVT, DCT pada Mobil?

Apa Itu Sistem Transmisi Manual, AT, AMT, iMT, CVT, DCT pada Mobil?

Jenis transmisi pada mobil-istimewa-raselnews.com

RASELNEWS.COM - Banyak muncul pertanyaan apa itu sistem transmisi manual, AT, AMT, iMT, CVT, DCT?

Transmisi mobil adalah salah satu komponen penting dalam kendaraan karena alat ini berfungsi untuk meneruskan tenaga dari mesin ke roda.

Tanpa transmisi, mobil tidak akan bisa berfungsi dengan optimal, kecuali untuk mobil listrik dengan torsi besar dan konstan. Pada mesin pembakaran dalam, terdapat beberapa jenis transmisi yang dipasang untuk membuat mobil dapat bekerja sebagaimana mestinya.

BACA JUGA:Crown Signia, Mobil SUV Hybrid Terbaru dari Toyota yang Siap Tantang Honda HR-V, Mesin 2500 CC Tapi Hemat BBM

Beberapa tipe transmisi bersifat otomatis, sementara yang lain manual, masing-masing dengan karakteristik, keunggulan, dan kekurangannya sendiri.

Jadi, bagaimana sistem transmisi ini bekerja?

Setiap jenis transmisi memiliki cara kerja yang berbeda-beda, meskipun tujuannya tetap sama: menghubungkan rasio gigi antara roda dan mesin untuk menyesuaikan kecepatan mobil, baik untuk mempercepat atau memperlambat.

Saat kendaraan dalam keadaan diam, transmisi dapat diposisikan pada kondisi netral sehingga tidak ada koneksi antara mesin dan roda, memungkinkan mesin untuk langsam.

BACA JUGA:Waspada BPKB Mobil Palsu! Begini Cara Mengecek Keaslian BPKB Secara Online

Sebaliknya, mobil dapat berakselerasi dengan mudah berkat perangkat transmisi ini. Berikut ini jenis transmisi yang paling umum:

1. Transmisi Manual:

Pada transmisi manual, pengemudi harus mengganti gigi secara manual menggunakan pedal kopling dan tuas persneling. Transmisi ini terdiri dari satu set gear yang dipasangkan pada sepasang batang (zaft input dan zaft output).

Bagian input terhubung dengan perangkat flywheel dan roda gila, sedangkan bagian output terhubung ke gardan hingga ke roda.

Kelebihan transmisi manual adalah cocok untuk segala segmen, tahan terhadap torsi tinggi, memiliki durabilitas yang baik, dan lebih mudah untuk dirawat.

BACA JUGA:Gara-gara Judi Slot, Pemuda di Bengkulu Selatan Ini Gadaikan Mobil Kakak Kandung

Kekurangannya adalah tidak semua orang bisa mengoperasikannya, membutuhkan kerja ekstra saat mengemudi, dan kurang nyaman digunakan.

2. Transmisi iMT (Intelligent Manual Transmission):

Sumber: