Ganti Oli Saja 4,7 Juta, Ini Penyebab Utama Harga Mobil Mini Cooper Mahal

Ganti Oli Saja 4,7 Juta, Ini Penyebab Utama Harga Mobil Mini Cooper Mahal

Harga mobil mini cooper--raselnews.com

RASELNEWS.COM - Masih ingat mobil ini warna hijau yang digunakan sosok ikonik asal Inggris Mr. Bean? Seiring dengan popularitas Mr. Bean, mobil ini menjadi mobil yang ikonik di seluruh dunia.

Sayangnya, mobil ini sudah lama dihentikan produksinya, namun perusahaan tersebut berhasil melakukan rebranding dengan meluncurkan nama baru, yaitu Mini Cooper.

Awalnya, mobil seperti ini dirancang sebagai mobil murah untuk masyarakat Inggris pasca Perang Dunia II.

BACA JUGA:Toyota Innova Masih Menjadi Raja Pasar Indonesia, Mobil Keluarga yang Jadi Primadona

BACA JUGA:Mobil Pribadi Ini Tak Lagi Bisa Membeli BBM Bersubsidi per 1 Oktober 2024

Namun, saat ini Mini Cooper, meskipun ukurannya tetap kecil, tidak lagi dianggap sebagai mobil terjangkau. Sebaliknya, sekarang Mini Cooper masuk dalam kategori mobil mewah dengan harga yang cukup mahal.


Ganti Oli Saja 4,7 Juta, Ini Penyebab Utama Harga Mobil Mini Cooper Mahal --raselnews.com

Lalu, mengapa Mini bisa menjadi sangat mahal? Sebelum menjadi seperti sekarang, mobil ini awalnya dinamakan Austin Mini 7 dan Morris Mini Minor.

Namun, setelah tahun 1969, nama resminya berubah menjadi Mini. Meskipun Mini menawarkan berbagai varian seperti Mini Van, Mini Pickup, Mini Moke, dan Mini Clubman, yang paling dikenal luas adalah Mini Cooper.

Konsep awalnya adalah membuat mobil yang simpel, gesit, dan hemat bahan bakar, dan mobil ini sangat berhasil mencapai tujuan tersebut.

BACA JUGA:BYD Denza Z9 GT: Mobil Hybrid Terbaik Abad Ini, Mampu Tempuh Jarak 1.100 Km

BACA JUGA:5 Mobil Bekas Usia di Bawah 5 Tahun Harga Murah, Hanya 80 Jutaan Saja

Desain mobil ini berasal dari pengembangan model ADO 15 yang digunakan pada Morris Mini Mark I dan Mark II, serta mengusung model ADO 20.

Mobil keluarga dengan konsep hatchback dua pintu ini memiliki dimensi panjang 3 meter, lebar 1,4 meter, dan tinggi 1,3 meter, mampu menampung lima penumpang, empat dewasa dan satu anak.


Ganti Oli Saja 4,7 Juta, Ini Penyebab Utama Harga Mobil Mini Cooper Mahal --raselnews.com

Setelah diproduksi selama 42 tahun, produksi mobil ini dihentikan pada awal 2000-an. Setelah itu, BMW mengakuisisi perusahaan ini dan melakukan rebranding, tetap mempertahankan bentuk aslinya tetapi dengan sejumlah perubahan seperti jendela, mesin injeksi, dan standarisasi rem cakram.

Ketika Mini baru pertama kali muncul, perhatian banyak orang tertuju padanya. Selain bentuknya yang bertransformasi, harganya pun ikut berubah dari mobil murah menjadi mobil yang cukup mahal.

Sumber: